Apakah Tidur dengan Bra Berdampak Buruk Bagi Kesehatan?

Torie Natalova    •    Sabtu, 19 Nov 2016 08:28 WIB
kesehatanpayudara
Apakah Tidur dengan Bra Berdampak Buruk Bagi Kesehatan?
Apakah Tidur dengan Bra Berdampak Buruk Bagi Kesehatan? (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pulang larut malam mungkin sering membuat Anda, para wanita lupa menghapus riasan wajah dan juga bra. Banyak perdebatan di luar sana apakah tidur menggunakan bra berbahaya atau tidak bagi kesehatan.

Namun, para ahli mengatakan, tidak ada penelitian yang pasti mengklaim menggunakan bra 24 jam setiap hari tidak baik untuk kesehatan.

"Tidak ada bukti yang mengatakan tipe bra apapun atau bra yang ketat sekalipun, bisa berbahaya," kata Direktur Kesehatan Payudara Cleveland Clinic, Holly Pederson.

Salah satu mitos yang paling umum menyebar adalah keterkaitan menggunakan bra saat tidur di malam hari dengan peningkatan risiko kanker payudara.

Faktanya, pada 2014 sebuah studi yang dilakukan the Fred Hutchinson Cancer Research Center Seattle menemukan bahwa tidak ada aspek menggunakan bra terlalu lama bisa memicu kanker.

Lalu, apakah ada manfaat bagi kesehatan jika menggunakan bra saat tidur?

Beberapa wanita percaya menggunakan bra dari pagi hingga malam hari akan menjaga bentuk payudara. Holly mengatakan, jaringan payudara wanita sebagian besar adalah lemak (yang lembut), seiring bertambahnya umur, payudara secara alami akan menurun. Bra dengan jenis dan merek apapun tak bisa menahan turunnya payudara.

Pada intinya, tidur dengan bra di malam hari tidak memicu kanker. Sehingga jika Anda merasa nyaman tidur menggunakan bra, lakukan saja.

Jika Anda memiliki payudara yang besar dan merasa lebih nyaman dengan melepaskan bra saat tidur, tak ada salahnya melakukannya. Biasanya, bra katun akan membuat bekas garis yang lebih sedikit dibanding saat menggunakan push up bra. Sehingga, pilih bra yang nyaman saat tidur.

 


(ELG)