Food Craving, Apakah Itu?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 18 Oct 2016 18:43 WIB
kesehatan
Food Craving, Apakah Itu?
Sama seperti adiktif pada benda lain, seperti rokok atau narkoba, food craving yang tak terpenuhi dapat menimbulkan beberapa gejala terhadap fisik maupun psikis seperti sakit kepala, susah fokus. (Foto: Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi sebagian besar orang, istilah food craving masih terdengar asing. Padahal, tak sedikit orang yang pernah mengalaminya.

Food craving atau food addiction adalah keinginan kuat untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang merupakan tanda bahwa tubuh membutuhkan makanan atau nutrisi tertentu.

Ada berbagai macam penyebab food craving, seperti kegiatan hormonal (sedang hamil atau stres) atau kebiasaan atau pola makan tertentu, misalnya kebiasaan saat kecil dimana mengemil saat menonton TV atau minum kopi di pagi hari.

(Baca juga: Makanan Sehat untuk Bayi)

"Food craving menyebabkan seseorang menjadi adiktif, cirinya adalah tak bisa hidup tanpa barang tersebut dan bisa terjadi penyalahgunaan fungsi," ujar Dr. Grace Judio-Kahl, Msc dalam acara Jakarta Food Editor's Club (JFEC) Gathering, Selasa (18/10/2016).

Dalam hal makanan salah satu bentuk penyalahgunaan adalah fungsi makanan yang berguna untuk menghilangkan rasa lapar justru dijadikan sebagai pelepas stres. Selain itu, penyalahgunaan juga terjadi, manakala pemenuhan kebutuhan nutrisi dan energi dalam kegiatan tersebut dijadikan sebagai motivasi diri atau hanya untuk menimbulkan perasaan senang.

Salah satu ciri food craving yang sering dialami masyarakat adalah ketergantungan untuk terus mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat olahan sehingga memicu asupan kadar gula, garam, dan tepung yang tinggi.

Sama seperti adiktif pada benda lain, seperti rokok atau narkoba, food craving yang tak terpenuhi dapat menimbulkan beberapa gejala terhadap fisik maupun psikis seperti sakit kepala, susah fokus, perubahan suasana hati dan keinginan kuat untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar asupan yang diinginkan dalam porsi besar.







(TIN)