Ini Alasan Kenapa Sebaiknya Tak Membawa Ponsel ke Toilet

Torie Natalova    •    Kamis, 31 Aug 2017 11:38 WIB
tips kesehatan
Ini Alasan Kenapa Sebaiknya Tak Membawa Ponsel ke Toilet
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Di zaman yang serba digital ini, orang seperti tak bisa beraktivitas tanpa gadget. Bahkan ketika pergi ke toilet pun, beberapa orang tak bisa melepaskan ponselnya.

Ini yang menjadi sorotan penelitian yang dilakukan periset dari University of Arizona. Mereka menemukan, ponsel dapat menampung 10 kali lipat bakteri lebih banyak dibanding tempat duduk Anda. Jadi, membawa ponsel ke toilet bisa menjadi sarana berkembangnya bakteri pada tubuh.

Menurut profesor epidemiologi Emily Martin, ponsel selalu dibawa setiap saat bahkan pada situasi di mana orang tidak mencuci tangan sebelum memegang ponselnya. Inilah yang menjadikan ponsel sangat kotor.

Dari sebuah studi ditemukan bahwa bakteri lebih banyak dan sering ditemukan di tombol "home" atau rumah yang ada di bagian ponsel Anda. Tapi, apakah bakteri pada ponsel dapat membuat Anda sakit?

Meskipun banyak bakteri yang tersimpan dalam ponsel, Anda tidak mungkin jatuh sakit karenanya. Mayoritas mikroba dan bakteri alami ditemukan di kulit Anda, yang dapat ditransfer ke ponsel Anda.

Misalnya bakteri Staphylococcus epidermidis yang mungkin ada pada ponsel tetap tidak akan membuat Anda terkena infeksi.

Masalah kesehatan akan muncul jika Anda memasuki lingkungan di mana Anda bisa mengambil bakteri berbahaya ke tangan Anda dan mengirimnya ke ponsel Anda. Misal, saat Anda berada di ruang publik dan transportasi umum, atau jika Anda sakit dan berbagi telepon dengan teman, dan sebaliknya.

Martin memperingatkan bahwa membawa ponsel Anda ke toilet adalah kesalahan besar. Karena, ketika menyiram toilet usai buang air kecil atau besar, mereka dapat menyebarkan kuman ke semua tempat, termasuk menyebarkan bakteri E.coli. Terlebih, jika Anda tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet.

Untuk mencegah kuman yang menumpuk, para ahli menyarankan menyeka telepon Anda setiap beberapa minggu dengan pembersih yang dirancang khusus untuk ponsel atau larutan alkohol dan air dengan perbandingan 40:60.

Namun, hal yang paling penting dari semuanya adalah mencuci tangan Anda sesering mungkin dan hindari menyentuh mata dan mulut jika belum mencuci tangan dengan bersih.




(DEV)