Studi: Mata Ternyata Memiliki Bakteri Baik

Torie Natalova    •    Minggu, 23 Jul 2017 20:29 WIB
studi kesehatan
Studi: Mata Ternyata Memiliki Bakteri Baik
(Foto: Rredonline)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tubuh kita dipenuhi dengan mikroba. Tetapi, tak semua mikroba berdampk negatif pada tubuh. Mikroba usus, salah satunya, dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Begitu juga dengan mata, yang sebelumnya diyakini steril dari bakteri, ternyata juga memiliki bakteri.

Para ilmuwan dari National Eye Institute America menemukan adanya bakteri termasuk tipe yang disebut Corynebacterium masitidis (C.mast) pada hewan tikus sebagai percobaan.

Kabar baiknya, bakteri ini terbukti menimbulkan respons kekebalan yang mencegah infeksi mata tertentu. Meski diuji pada hewan, para peneliti yakin hal yang sama juga dapat terjadi pada manusia.

Dengan bukti penelitian ini, dapat membuat dokter berpikir dua kali untuk meresepkan antibiotik pada mata yang terkena infeksi karena obat antibiotik dapat membunuh bakteri baik yang melindungi mata dari kuman.

"Kita perlu hati-hati dengan cara kita menggunakan antibiotik, karena dampaknya adalah kita menghilangkan bakteri baik. Ke depan, terapi probiotik bisa dikembangkan untuk mata agar penggunaan antibiotik berkurang," kata penulis studi Rachel Caspi.





 


(DEV)