5 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan

Torie Natalova    •    Kamis, 17 Aug 2017 09:22 WIB
psikologi
5 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan
Pelepasan endorfin melalui senyum juga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Ini berarti Anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya. (Foto: Rawpixel Com/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Senyuman dapat membuat orang merasa hangat dan terkesan ramah. Namun, banyak orang yang enggan mengeluarkan senyumannya setiap hari.

Ada banyak efek positif lain yang berkaitan dengan senyum dan seringkali tidak disadari banyak orang. Susannah Schaefer, CEO International Children Charity Smile Train membagikan lima fakta penting tentang senyum yang mungkin belum Anda ketahui.



1. Senyum dapat menurunkan stres
Saat seseorang tersenyum, ini akan mempengaruhi otot-otot tertentu di dalam tubuh yang membuat Anda merasa bahagia. Pergerakan otot di wajah Anda melepaskan zat kimia yang disebut endorfin, yang memicu perasaan positif.

Endorfin ini dapat menurunkan tingkat stres, yang meningkatkan mood. Semakin sering tersenyum, akan semakin merangsang otak Anda untuk melepaskan zat kimia yang membuat Anda bahagia.

2. Senyum mengurangi rasa sakit
Keuntungan lain dari munculnya endorfin dari senyuman adalah mereka dapat bertindak sebagai pembunuh rasa sakit yang alami. Ketika endorfin dilepaskan ke dalam tubuh, mereka berinteraksi dengan reseptor di otak dan mengurangi persepsi Anda tentang rasa sakit sehingga membuat Anda merasa jauh lebih baik.

(Baca juga: Cara Tepat untuk Tersenyum Sempurna)

3. Senyum membantu jantung Anda
Pelepasan endorfin melalui senyum juga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Ini berarti Anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.



4. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda
Tertawa dan senyum juga mendorong pelepasan hormon serotonin. Seperti endorfin, serotonin adalah neurotransmiter yang berkontribusi pada kebahagiaan dan kesejahteraan seseorang. Serotonin memiliki banyak manfaat positif, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Senyum dapat meningkatkan panjang umur
Tersenyum tak hanya membuat Anda terlihat lebih mudan dan mudah didekati tapi juga dapat menambahkan waktu hidup lebih lama. Studi menunjukkan bahwa disposisi yang bahagia dapat memiliki dampak yang kuat pada kesehatan seseorang dan harapan hidup mereka.












(TIN)