5 Kesalahan Mencuci Wajah yang dapat Memicu Keriput dan Jerawat

Raka Lestari    •    Selasa, 26 Sep 2017 07:00 WIB
tips & trik
5 Kesalahan Mencuci Wajah yang dapat Memicu Keriput dan Jerawat
(Foto: Allure)

Metrotvnews.com, Jakarta: Membersihkan wajah adalah tahapan perawatan paling dasar agar terbebas dari jerawat dan masalah penuaan. Namun, meski ritual ini cukup simpel, banyak orang tidak melakukannya dengan baik sehingga wajah tetap berjerawat dan terlihat keriput.

Berikut ini merupakan kebiasaan yang salah saat mencuci wajah, seperti dilansir dari Men's Health.

1. Memakai pembersih yang tidak sesuai jenis kulit

Jika Anda menghabiskan terlalu banyak uang untuk pembersih wajah, hal itu merupakan sesuatu yang sia-sia. Debra Jaliman, seorang dermatologis dari New York City mengatakan "Jika Anda berbelanja secara royal untuk pembersih mahal, Anda hanya membuang uang Anda ke saluran pembuangan."

Yang harus diperhatikan sebetulnya adalah apakah pembersih wajah Anda sudah tepat untuk kulit. Jika kulit Anda berminyak, tentu jangan memakai pembersih untuk kulit kering, begitu juga sebaliknya.

Gunakan pembersih yang tepat. Misalnya wajah Anda merupakan wajah yang berminyak dan berjerawat, gunakan pembersih yang berbahan dasar gel. Sedangkan untuk kulit yang kering atau sensitif gunakan pembersih yang mengandung susu untuk menjaga minyak alami tetap terhidrasi dengan baik.

2. Mencuci muka hanya sekali dalam sehari

Menurut Dr Jaliman "Pada malam hari, saat Anda tidur bakteri terbentuk di kulit kita, disertai dengan banyak minyak yang tidak diinginkan dan perlu dihilangkan."
Oleh karena itu, mencuci muka saat pagi dan malam hari sangat diperlukan untuk tetap menjaga kebersihan wajah Anda sebelum beraktivitas pada pagi hari dan setelah beraktivitas pada malam hari.

3. Menggunakan air panas

Jangan menggunakan air yang terlalu panas untuk mencuci wajah. Gunakan air hangat untuk mencuci wajah Anda. Air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami dari wajah, membuat wajah kering, merah dan gatal.

4. Menggunakan scrub yang kasar

Melakukan scrub pada kulit bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Namun jangan sampai menggunakan scrub tersebut setiap hari karena dapat menyebabkan keriput dan pembuluh kapiler pada wajah menjadi rusak.

5. Menggunakan alat pembersih wajah setiap hari

Alat pembersih wajah memang dapat membersihkan kulit lebih baik dibandingkan hanya menggunakan tangan. Namun jika kulit Anda kering, sensitif, atau rentan terhadap kemerahan alat ini tidak sebaiknya Anda gunakan.  




(DEV)