Lelah Berlebihan Bisa Jadi Tanda Autoimun

   •    Selasa, 26 Sep 2017 09:35 WIB
kesehatan
Lelah Berlebihan Bisa Jadi Tanda Autoimun
Ilustrasi. (Life Extension)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit autoimun merupakan kondisi dimana tubuh mengalami gangguan kesehatan karena erornya sistem imun. Pada dasarnya imun berperan sebagai antibodi untuk melindungi tubuh dari penyakit, namun pada kasus autoimun, sistem imun justru menyerang tubuh.

Spesialis Penyakit Dalam dr. Iris Rengganis mengatakan banyak faktor yang bisa mencetuskan penyakit autoimun. Misalnya faktor genetik, lingkungan, infeksi, stres, hingga pola hidup.

"Seluruh tubuh manusia bisa terserang autoimun. Bahkan ada lebih dari 100 jenis penyakit autoimun yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh," ungkap Iris, dalam Metro I-Care, Minggu 24 September 2017.

Iris yang juga merupakan penyintas autoimun mengatakan gejala awal penyakit autoimun umumnya seperti gangguan kesehatan pada umumnya. Seperti nyeri sendi, nyeri otot, rasa ingin dipijat atau lemas.

Namun, gejala yang paling mendekati bahwa seseorang terkena autoimun adalah mudah lelah.

"Biasanya kita mengerjakan segini biasa saja, tetapi karena terserang autoimun lelahnya berlebihan. Kadang bisa juga merasa berdebar-debar, sesak napas, rambut rontok atau kalau terkena matahari bisa ruam di kulit," jelasnya.

Iris mengatakan, dibandingkan dengan pria autoimun lebih banyak menyerang wanita. Penyebabnya, hormonal.

Faktor hormonal berperan menimbulkan reaksi autoimun pada wanita dan lupus adalah penyakit akibat autoimun yang paling banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia.

"Jujur, autoimun akan menetap di tubuh kita. Yang perlu dilakukan hanya ikhlas dan bersahabat dengan autoimun dan ikuti jalur hidup sehat. Jangan stres karena hanya akan membuat sakitnya semakin buruk," jelas Iris.




(MEL)