Ini Alasan Mengapa Anda Merinding Ketika Mendengar Suara dalam Lagu

Yatin Suleha    •    Senin, 25 Sep 2017 15:06 WIB
kesehatan
Ini Alasan Mengapa Anda Merinding Ketika Mendengar Suara dalam Lagu
Ini adalah alasan mengapa Anda merinding ketika mendengar suara indah dalam lagu yang bagus. (Foto: Alex Blajan/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda merinding di pergelangan tangan Anda saat Anda mendengar sebuah suara yang indah dalam lagu? Jika iya, studi yang dilakukan Oxford Academic study menyatakan bahwa ini adalah hal yang bagus. 

Studi tersebut menjelaskan bahwa baik Anda mendengar rekaman, live, atau sedang mendengar lagu yang indah, ada rasa seperti "meledak". "Ledakan" ini dipicu oleh paduan instrumental dan suara yang indah lalu tiba-tiba secara tak terduga reaksi merinding terjadi.



Kejadian ini bisa dipicu oleh sensasi dingin atau sensasi yang tidak menyenangkan, namun juga bisa terjadi akibat mendengar suara indah dalam lagu atau instrumental yang bagus.

(Baca juga: Musik Bahagia Meningkatkan Kreativitas)

Lalu apakah fenomena ini terjadi pada semua orang atau tidak?

Dalam studi yang sama disebutkan bahwa kejadian ini ada hubungannya dengan struktur otak. Jika ini terjadi saat Anda mendengarkan suara dalam lagu yang sangat indah, korteks pendengaran (korteks auditori) di otak Anda (yang memproses informasi yang Anda dengar) secara emosional di otak Anda-memproses bagian tengahnya memiliki koneksi serat di antaranya, kemudian terjadilah hal tersebut, dibandingkan dengan mereka yang tidak merasakannya. 

"Ini artinya otak Anda mampu lebih luas, lebih intens, menjangkau berbagai emosi/rasa," jelas studi tersebut.



Walau studi ini masih dalam tahap awal, penulis studi Matthew Sachs mengatakan bahwa hasil ini bisa digunakan untuk sesuatu yang baik. Matthew Sachs mengatakan bahwa fakta ini bisa menjadi sebuah impak dari treatment terhadap gangguan depresif. "Dan musik dapat membantu orang dengan depresi-atau paling tidak memberikan mereka perasaan positif," ujarnya.

Jadi, kesimpulan studi ini adalah jika Anda merasakan merinding ketika mendengar suara indah dalam lagu yang bagus, artinya Anda terasa sedang dalam lagu yang sedang dinyanyikan tersebut. "Jadi ini adalah hal yang bagus."










(TIN)