Diet Keto Tak Disarankan untuk Orang Normal

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 13 Jul 2017 17:14 WIB
diet
Diet Keto Tak Disarankan untuk Orang Normal
Diet Keto kurang cocok bagi mereka yang punya berat badan normal. (Foto: Sbb.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini, ada berbagai macam pola diet yang ditawarkan untuk melengkapi gaya hidup sehat. Salah satunya adalah diet ketogenik atau lebih umum disebut keto yang awalnya diperuntukkan untuk menurunkan berat badan. 

Nyatanya, ketidakseimbangan komposisi gizi dalam diet tersebut tak cocok bagi mereka yang berberat badan normal. 



"Diet keto tidak sesuai dengan orang normal, namun orang dengan jenis penyakit tertentu seperti penderita epilepsi atau mereka yang sering mengalami kejang," ujar dokter spesialis gizi klinis dr. Fiastusi Witjaksono MSc, MS, Sp.GK dalam media briefing di RPRTA Teratai Tebet, Kamis (13/7/17).

(Baca juga: Tiga Fakta Seputar Program Diet)

Dikutip dari Ruled.me, persentase diet ketogenik adalah 25 persen protein, 5 persen karbohidrat, dan 70 persen lemak.

Pada orang normal, kebutuhan antara karbohidrat, protein, dan lemak yang disertai dengan tambahan vitamin dan mineral harus seimbang. Sementara, pola makan keto justru sebaliknya. 

"Porsi makan orang sehat adalah setengah porsi piring berisi karbohidrat dan protein dan setengah lainnya berisi sayur dan buah," dr. Fiastuti mengingatkan. 



Tanpa diet keto sekalipun, sebenarnya masyarakat Indonesia masuk dalam kategori kurang sayur dan buah dengan persentase 93,5 persen, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013. 

Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat berfokus pada pemenuhan gizi seimbang untuk meningkatkan kesehatan tubuh, ketimbang sibuk mempraktekkan pola makan yang tak sesuai.








(TIN)