Manfaat Membaca untuk Kesehatan Anda

Torie Natalova    •    Senin, 31 Jul 2017 15:49 WIB
kesehatan
Manfaat Membaca untuk Kesehatan Anda
Sebuah studi menemukan bahwa menjaga aktivitas stimulasi mental sepanjang hidup Anda seperti membaca bisa mencegah penurunan kognitif hingga 32 persen. (Foto: Ben White/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Membaca tak hanya dapat menambah wawasan dan juga membuat Anda menjadi lebih pintar. Kegiatan yang mudah dilakukan dan disukai oleh banyak orang ini, ternyata dapat memberikan dampak positif lain untuk Anda.

Mulai dari menurunkan stres dan memahami emosi orang lain, inilah beberapa manfaat membaca yang bisa didapat dengan membaca beberapa menit setiap hari.



1. Membaca membuat otak Anda terus bekerja

Membaca dapat merangsang daerah neurologis di otak seolah-olah Anda menjalani sebuah pengalaman dari buku yang dibaca. Misalnya, peneliti di Spanyol menemukan bahwa membaca kata "kayu manis" dapat mengaktifkan daerah penciuman di otak yang bertanggungjawab untuk dapat mencium bau.

Begitupun dengan ketika membaca tentang tindakan seperti menendang bola. Ini biasanya akan merangsang korteks motorik, atau bagian gerakan di otak.



2. Buku dapat meningkatkan kebahagiaan Anda
Sebuah studi menunjukkan bahwa produk eksperimental yang dirancang untuk menciptakan atau meningkatkan pengalaman hidup seperti buku, adalah penguat kebahagiaan. Membaca juga bisa membantu orang dewasa yang lebih tua terus membaca dan belajar jauh lebih puas dengan kehidupan mereka.

(Baca juga: Studi: Hobi Membaca Tingkatkan Empati)



3. Membaca bisa mengurangi stres
Membaca secara serius memang dapat merelaksasi diri. Peneliti menemukan bahwa membaca terbukti menjadi alat untuk menurunkan stres, mengalahkan cara menghilangkan stres dengan mendengarkan musik, berjalan-jalan dan minum secangkir teh.

Stres dapat menghilangkan energi, mengacaukan libido bahkan membuat Anda menderita beberapa penyakit berbahaya. Membaca selama enam menit saja cukup untuk memperlambat denyut jantung dan mengurangi ketegangan otot.



4. Dapat membangun materi abu-abu di otak Anda
Sebuah studi menemukan bahwa menjaga aktivitas stimulasi mental sepanjang hidup Anda seperti membaca bisa mencegah penurunan kognitif hingga 32 persen. 

Studi lain menemukan bahwa mereka yang melibatkan pencarian di otak seperti membaca, bermain catur dan teka-teki 2,5 kali lebih kecil kemungkinannya mengembangkan penyakit Alzheimer.



5. Membuka pikiran Anda
Membaca buku seperti Harry Potter, terutama bagian yang membahas prasangka, dapat memperbaiki sikap terhadap sesama individu. Salah satu manfaat terbesar dari membaca adalah Anda mengenal orang lain, masyarakat lain, di luar individu Anda sendiri.










(TIN)