5 Penyebab Stres yang Sering Tidak Disadari

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Apr 2017 18:01 WIB
kesehatan mental
5 Penyebab Stres yang Sering Tidak Disadari
(Foto: The List)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang membuat kita merasakan tekanan tambahan, dimana hal-hal tersebut membuat kita semakin merasa terbebani. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menambah stres, padahal sebenarnya dapat dihindari.

1. Kurang tidur

Ini adalah masalah kebanyakan orang. Kesibukan membuat jam tidur menjadi dikorbankan. "Kurang tidur adalah salah satu penyebab perang psikologis. Saat lelah, kita cenderung stres dan mudah marah sehingga sulit berpikir rasional dan membuat keputuasan yang tepat," ujar Leighann Matquiss, seorang pembina kehidupan bersertifikat. Salah satu cara untuk bisa tidur cepat adalah dengan mengurangi durasi melihat gawai menjelang tidur.

2. Tidak memiliki waktu untuk diri sendiri

Sama seperti kurang tidur, tidak memiliki waktu untuk diri sendiri juga dapat menyebabkan seseorang merasa tertekan. "Melakukan sesuatu untuk diri sendiri setiap hari adalah krusial untuk tekanan mental. Cobalah pergi ke gym, minum kopi sambil membaca buku, atau meditasi selama sepuluh menit dua kali sehari," saran terapis Kimberly Hershenson.

3. Selalu terburu-buru

Untuk yang memiliki kebiasaan ini, kenyataan bahwa Anda tak akan tepat waktu memberi tekanan mental tersendiri. Selain itu, keinginan untuk menyelesaikan segala pekerjaan dalam sehari juga membuat Anda bekerja terlalu keras dan tubuh tak bisa beristirahat.

"Cobalah sediakan waktu sepuluh menit lebih awal dengan cara langsung bangun begitu alarm berbunyi," saran Matquiss.

4. Memandang diri sendiri buruk

Merasa memiliki body image atau citra diri yang buruk ternyata juga menjadi salah satu penyebab stres yang dapat merusak perilaku dan mental.

"Citra diri yang negatif membuat diri menjadi stres dimana Anda akan melakukan beberapa hal untuk memperbaikinya seperti mengatur pola makan yang buruk dan olahraga berlebih dimana justru merusak kesehatan," ujar Lu Uhrich, seorang psikolog.

5. Membandingkan diri dengan orang lain

Tak sedikit orang yang membandingkan dirinya dengan orang lain sehingga membuat diri sendiri jadi stres, terutama saat mereka sedang terjebak dalam media sosial dimana pikiran merendahkan diri sendiri semakin mendominasi.

Melihat hidup orang lain yang lebih baik dari diri sendiri membuat seseorang semakin jauh dari kebahagiaan yang sudah ada di depan mata. "Cobalah berfokus pada mengucap syukur. Hal itu terbukti dapat membuat seseorang lebih bahagian dan puas dengan kehidupannya," tukas Rebecca Nichols, seorang konsultan klinis.


(DEV)