Pisang dan 5 Makanan Ini Efektif Redakan Sakit PMS

Raka Lestari    •    Kamis, 28 Sep 2017 17:05 WIB
tips & trik
Pisang dan 5 Makanan Ini Efektif Redakan Sakit PMS
(Foto: Milionkobiet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak sekali wanita yang mengalami premenstrual syndrome (PMS) dengan gejala seperti sakit kepala, suasana hati yang berubah-ubah, marah, dan depresi. Untuk beberapa orang, gejala tersebut dapat membuat daya tahan tubuh menjadi lemah.

Penelitian menunjukkan beberapa jenis makanan tertentu dapat mengurangi gejala PMS. Inilah daftar 6 makanan yang dapat mengurangi gejala PMS seperti dilansir dari Prevention.

Selai kacang

Jika Anda merasa kesulitan membangun suasana hati yang positif selama siklus menstruasi, selai kacang bisa Anda jadikan andalan. Kacang banyak mengandung vitamin B6 dan magnesium. Magnesium dapat membantu meningkatkan suasana hati dengan cara mengatur zat serotonin, penstabil alami yang dapat menangkal depresi. Untuk membantu produksi serotonin, vitamin B6 juga membantu tubuh Anda memproduksi melatonin, hormon yang membantu mengatur fungsi tubuh Anda. Meningkatkan asupan magnesium, kalsium, dan B6 dapat mengurangi atau bahkan menghentikan kram pada perut.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin B, thiamin dan riboflavin yang dapat menjauhkan perempuan dari PMS. Studi di University of Massachusetts menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi 1,9 milligrams thiamin dan 2,5milligrams riboflavin per hari menurunkan resiko gejala PMS.

Bayam

Jika Anda mengalami PMS, cobalah mengonsumsi lebih banyak bayam. Sayuran berwarna hijau ini banyak mengandung vitamin A yang dapat mencegah jerawat, kulit kering, dan melindungi dari paparan sinar UV. Bayam juga merupakan sumber dari kalsium yang dapat mengurangi gejala PMS seperti sakit kepala, kram, suasana hati berubah-ubah hingga nafsu makan berlebih.

Salmon

Memiliki kandungan omega 3 dan asam lemak yang tinggi, salmon dapat membantu menstabilkan mood dan memperbaiki fungsi otak. Kadar vitamin D yang tinggi dapat mengurangi stress dan ketegangan.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam banyak mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah, ditambah dengan magnesium yang dapat mengurangi rasa lelah dan mood berubah-ubah.

Pisang

Cobalah mengonsumsi banana saat mengalami gejala PMS, pisang kaya akan potasium yang dapat mengurangi rasa kram.




(DEV)