Makanan Tinggi Serat Dapat Mencegah Kanker Payudara

Torie Natalova    •    Sabtu, 30 Sep 2017 08:47 WIB
kanker payudara
Makanan Tinggi Serat Dapat Mencegah Kanker Payudara
Makanan Tinggi Serat Dapat Mencegah Kanker Payudara (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak kecil, Anda pasti sering diminta untuk perbanyak asupan protein seperti daging atau telur. Memang, bagi sebagian orang protein penting untuk kekuatan otot dan tubuh.

Namun, selain protein asupan serat juga penting untuk pertumbuhan tubuh Anda dan kebanyakan dari kita tidak mendapatkan cukup serat.

Ada dua jenis serat makanan yakni serat larut dalam air yang ditemukan di gandum, kacang polong, kacang-kacangan dan buah sitrus. Sedangkan serat tidak larut air membantu gerakan melalui sistem pencernaan yang bisa ditemukan di gandum utuh, kacang-kacangan, kembang kol, dan kacang hijau.

Berikut adalah beberapa manfaat penting serat bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda.

1. Mengendalikan nafsu makan
Makanan yang tinggi serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dikunyak sehingga dapat menambah produksi air liur dan asam lambung yang dapat membuat kita merasa kenyang sehingga mengekang nafsu makan berlebih.

2. Mengatur berat badan
Studi terbaru menunjukkan orang yang makan lebih banyak serat lebih mudah kurus dibandingkan mereka yang kurang asupan serat. Ada juga hubungan antara asupan serat yang tinggi dan keseluruhan diet sehat terdiri dari lebih banyak buah dan sayuran dan ditambah dengan olahraga.

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Asupan serat yang tepat secara konsisten menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner karena menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain menurunkan kolesterol jahat, makanan tinggi serat juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah yang juga berkaitan dengan penyakit jantung.

4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2
Penelitian menunjukkan adanya hubungan terbalik antara asupan serat yang memadai dan pengembangan diabetes tipe 2. Bahkan, pada pasien yang sudah memiliki diabetes tipe 2, serat dapat memperlambat penyerapan gula, menurunkan kadar gula darah dan menurunkan puncak insulin setelah makan.

5. Membantu pergerakan usus
Serat adalah satu-satunya nutrisi yang cukup kuat untuk membantu atasi sembelit. Serat dapat melembutkan tinja sehingga lebih mudah lewat tanpa rasa sakit.

6. Menurunkan risiko kanker payudara
Peneliti di Harvard TH Chan School of Public Health menemukan bahwa wanita yang rutin konsumsi makanan berserat tinggi selama masa remaja, terutama serat dari buah dan sayuran, berisiko lebih kecil terkena kanker payudara. Peneliti percaya bahwa risiko kanker payudara menurun karena makanan kaya serat membantu mengurangi kadar estrogen tinggi dalam darah yang berkaitan dengan perkembangan kanker.



 


(ELG)