Perasaan Ini Hanya Anda Alami Saat Menderita Sakit yang Tak Terlihat

Meilikhah    •    Kamis, 29 Sep 2016 11:11 WIB
psikologi
Perasaan Ini Hanya Anda Alami Saat Menderita Sakit yang Tak Terlihat
Ilustrasi. (Foto: Thinkstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menderita sakit yang tak terlihat, terkadang sangat menyebalkan. Terlebih, sakit yang Anda derita kerap dianggap lelucon lantaran tak tampak oleh mata. 

Hanya karena Anda telah belajar untuk mengatasi rasa sakit, bukan berarti membuat hal tersebut lebih mudah. Perasaan berikut ini seringkali hanya Anda sendiri yang merasakan saat mengalami sakit yang tak terlihat.

1. Orang-orang tak percaya bahwa Anda sakit
Banyak orang tak percaya bahwa Anda tengah sakit. Rasa sakit dianggap hanya ada dalam kepala Anda. Kadang, Anda perlu diagnosa gejala fisik dari dokter hanya untuk membuktikan bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuh anda.

2. Tidak dapat menggunakan toilet disabel tanpa merasa bersalah
Meskipun Anda memiliki alasan untuk menggunakan toilet penyandang cacat, karena Anda tidak terlihat seperti orang sakit, Anda harus menghadapi tatapan bahkan komentar sinis. Hal ini membuat Anda merasa takut menggunakan toilet penyandang cacat.

3. Merasa perlu ada alasan untuk tidak melakukan sesuatu
Bila Anda harus membatalkan rencana karena merasa lemah pada hari itu, seringkali Anda harus mencari alasan lain hanya karena orang lain tak bisa melihat atau merasakan sakit yang kita derita. 

4. Perlu menjelaskan kepada orang-orang
Karena ada saat di mana orang mempertanyakan apa yang Anda derita, Anda seringkali harus menjelaskan riwayat kesehatan Anda hanya untuk membuat orang lain percaya bahwa Anda memang sakit.

5. Merasa terisolasi dan kesepian
Penampilan Anda dari luar memang tampak baik-baik saja, namun di dalam diri Anda justru merasa terisolasi dan kesepian. Anda merasa tak ada orang yang dapat diajak berbicara atau mengerti dengan kondisi Anda.

6. Dianggap malas
Saat Anda merasa sakit dan lelah hingga tak mampu bergerak dari tempat tidur karena sakit, orang lain mungkin menganggap Anda malas meskipun Anda tahu bahwa itu tidak benar. (Metro.co.uk)


(MEL)