Mengapa Sulit Menghilangkan Kebiasaan Buruk?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 29 Sep 2016 10:02 WIB
psikologi
Mengapa Sulit Menghilangkan Kebiasaan Buruk?
(Foto: Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebiasaan buruk umumnya memang sulit dihilangkan. Apalagi, jika kebiasaan tersebut sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Mengapa demikian?

"Hal yang sudah menjadi kebiasaan tentunya telah melewati proses yang cukup panjang, artinya pengulangankebiasaan tersebut menciptakan kesenangan bagi seaeorang," jawab psikolog Anna Surti Ariani di Jakarta, Selasa (27/9/2016).

(Baca: Lakukan Ini untuk Menghilangkan Kebiasaan Buruk)

Mencoba mengubah kebiasaan tersebut tidaklah mudah. Sebab, meskipun seseorang sudah mengetahui dampak buruk yang diakibatkan, sikap senang pada kebiasaan tersebut telah terbentuk dan menjadi persepsi tersendiri. Bahkan, untuk melakukan pindah pola seperti mengurangi sebelum berhenti sama sekali, bukanlah perkara mudah.

"Niat saja tak cukup. Harus ada perencanaan dan bila perlu pengalihan kebiasaan, yang memang butuh waktu untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut," sarannya.

Di sisi lain, pembentukan kebiasaan baru yang positif ternyata jauh lebih mudah dilakukan ketimbang menghilangkan kebiasaan lama yang negatif.

Hal ini karena, ketika seseorang akan memulai kebiasaan tersebut, sudah ada bekal pengetahun yang nentinya akan memotivasi dia untuk rutin melakukan hal tersebut. Komitmen dalam menjalaninya adalah salah satu hal yang perlu dipertahankan sebelum akhirnya menjadi sebuah kebiasaan.

"Semua itu dimulai dari kesadaran dan pengetahuan terlebih dahulu pada kebiasaan tersebut, bila sudah tahu maka kita bisa mengadopsinya secara perlahan," tutupnya.


Lihat Video: Kebiasaan Buruk yang Merusak Gigi




(DEV)