Kebiasaan Sehari-hari Berikut Ini Sebabkan Ketidaksuburan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 07 Oct 2016 14:43 WIB
kesehatan dan produktivitas
Kebiasaan Sehari-hari Berikut Ini Sebabkan Ketidaksuburan
Kelas yoga yang dilakukan di ruangan dengan temperatur tinggi ini tengah digandrungi. Namun jika Anda sedang dalam program kehamilan, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter. (Foto: Millennialmagazine)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa studi menunjukkan bahwa infertilitas atau ketidaksuburan semakin meningkat secara global. 

Infertilitas adalah kondisi dimana pasangan tak bisa bereproduksi karena beberapa alasan seperti ketidakseimbangan hormon, jumlah sperma yang sedikit, disfungsi ereksi, malformasi pada organ reproduksi, dan sebagainya. 

Namun ternyata, selain faktor dari dalam tubuh, gaya hidup juga berpengaruh dalam hal penyebab ketidaksuburan. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat pasangan kesulitan memiliki keturunan, seperti dilansir Boldsky. 

(Baca juga: Apa Itu Yoga Hatha Klasik?)

1. Merokok
Sebuah studi penelitian menemukan bahwa meskipun bukan perokok berat, salah satu pasangan yang merokok dapat membuat keduanya berisiko mengalami ketidaksuburan.

2. Terlalu banyak makan
Kebiasaan terlalu banyak makan dapat menyebabkan obesitas, yang merupakan salah satu faktor penghambat kesuburan, terutama pada wanita. 

3. Kelas yoga di suhu panas
Kelas yoga yang dilakukan di ruangan dengan temperatur tinggi ini tengah digandrungi, karena ini adalah tipikal olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan. Namun, olahraga ini dapat menyebabkan infertilitas karena panas berlebih akan memengaruhi produksi sel telur dan sperma. Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, ada baiknya diskusikan dulu dengan dokter kandungan.

4. Minum antidepresan
Antidepresan memengaruhi performa seksual, baik pada pria maupun wanita, dan memengaruhi kualitas sperma sehingga dapat memicu infertilitas. 

5. Hubungan seks tak aman
Tak adanya proteksi dalam berhubungan seksual dapat meningkatkan risiko terkena Penyakit Menular Seksual, yang sebagian besar menghambat dalam usaha memiliki anak dan memicu infertilitas.

6. Minum alkohol berlebih
Terlalu banyak konsumsi minuman keras dapat memberi dampak buruk pada produksi sel telur dan sperma dalam jangka panjang. 

7. Konsumsi suplemen vitamin
Beberapa jenis suplemen vitamin dapat memengaruhi kesuburan. Oleh karena itu, sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum Anda mengkonsumsinya. 

8. Minum dari botol plastik
Kanduangn racun dari plastik dapat merusak hormon tertentu, termasuk memengaruhi kesuburan seseorang. 









(TIN)