Minuman Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi Pagi Hari?

Torie Natalova    •    Jumat, 30 Sep 2016 09:59 WIB
kesehatan
Minuman Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi Pagi Hari?
Teh hijau sangat baik dikonsumsi rutin setiap pagi (Foto:Getty images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Teh atau kopi adalah dua minuman yang paling sering dikonsumsi di pagi hari. Di Amerika, kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu yang juga dipercaya dapat mencegah terkena penyakit diabetes.

Bagaimana dengan teh? Teh juga memiliki banyak manfaat kesehatan terutama bagi wanita. Columbia University Medical Center dalam studi terbarunya menemukan bahwa teh bisa membantu pengobatan kanker payudara.

Penelitian dilakukan menggunakan sampel darah urine 40 orang wanita yang terkena kanker payudara dan mengonsumsi ekstrak teh hijau dua kali sehari dalam waktu enam bulan. Hasilnya, wanita yang mengonsumsi ekstrak teh hijau setiap hari memiliki penurunan signifikan terhadap faktor yang menumbuhkan sel-sel kanker.

Rajin mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan kolesterol dan faktor pertumbuhan endotel vaskular, sebuah protein yang bisa menjadi awal pertanda penyebaran kanker.

Kini, teh hijau mulai sering dilirik oleh dunia medis untuk digunakan dalam banyak penelitian terkait kesehatan. Sebuah studi dari University of California Los Angeles menemukan bahwa pria yang mengidap kanker prostat dan rutin minum teh hijau memiliki tingkat peradangan yang lebih rendah. Teh hijau dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat itu sendiri.

Masih ada beberapa keuntungan dari rajin mengonsumsi teh hijau seperti dilansir Prevention, berikut ini.

1. Catechins, antioksidan yang hadir dalam teh hijau, bisa memangkas lemak perut. Selain itu, kafein dalam teh hijau membebaskan asam lemak sehingga Anda dapat membakar kalori dan lemak lebih mudah.

2. Peneliti di Jepang menemukan, bahan senyawa EGCG (senyawa antioksidan dalam teh hijau) dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh terhadap alergen yang biasanya berasal dari bulu binatang, serbuk sari, dan debu.

3. Teh hijau kaya akan antioksidan yang bisa menurunkan tekanan darah. Campurkan lemon dalam secangkir teh hijau sebagai vitamin C tambahan yang membantu mempercepat penyerapan antioksidan.

4. Peneliti menemukan bahwa tikus percobaan yang minum ekstrak teh hijau, daya tahan tubuhnya meningkat hingga 24 persen.


(ROS)