5 Makanan yang Bisa Bikin Panjang Umur

Torie Natalova    •    Sabtu, 08 Oct 2016 23:00 WIB
kesehatan
5 Makanan yang Bisa Bikin Panjang Umur
5 Makanan yang Bisa Bikin Panjang Umur (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap orang menginginkan hidup lama atau umur panjang dan dalam kondisi yang selalu sehat. Seperti diketahui, semua orang berlomba-lomba untuk hidup sehat agar bisa bertahan hidup lebih lama.

Memang, jika berbicara soal umur sudah menjadi rahasia Tuhan. Namun, Anda masih bisa berusaha memperoleh umur panjang dengan cara mengonsumsi beberapa makanan yang dipercaya mampu mencegah penyakit.

1. Makanan pedas
Penelitian menunjukkan, makan makanan yang pedas bisa meningkatkan kesehatan Anda. Sebuah studi yang dilakukan terhadap lebih dari 450 ribu pria dan wanita Cina menunjukkan bahwa mereka yang makan makanan pedas setiap hari memiliki risiko kematian 14 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak makan makanan pedas.

2. Rumput laut
Rumput laut mengandung khasiat yang baik bagi kesehatan. Ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan berulang kali dan telah menyimpulkan bahwa makan rumput laut dapat menekan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat pertumbuhan kanker.

3. Kacang
Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan orang yang sering makan kacang bisa menurunkan risiko mati muda. Namun, peneliti menyarankan untuk memakan satu genggam kacang jenis apapun per hari untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Ikan
Ikan sudah sejak lama dikenal baik untuk perkembangan otak. Senyawa dalam ikan yang disebut karotenoid dapat melindungi otak dari penyakit saraf. Selain itu, omega-3 dalam ikan berlemak seperti salmon bisa menjaga seluruh tubuh Anda tetap muda.

Sebuah studi dari Ohio State University menemukan bahwa suplemen omega-3 secara signifikan mampu mengurangi peradangan, sebuah kondisi yang bisa memicu alergi menjadi kanker, penyakit jantung dan Alzheimer. Penyakit ini bisa mengancam nyawa Anda.

5. Gandum
Beberapa penelitian telah menghubungkan roti gandum dengan umur panjang. Menurut sebuah studi di JAMA Internal Medicine, setiap tambahan 1 ons biji-bijian seperti gandum, memiliki hubungan dengan risiko kematian 9 persen lebih rendah akibat penyakit jantung. Daripada roti putih yang sedikit mengandung nutrisi, mulai sekarang pilihnya roti gandum.



 


(ELG)