Pola Hidup Sehat Ibu Bantu Turunkan Risiko Obesitas pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 06 Jul 2018 14:42 WIB
obesitas pada anak
Pola Hidup Sehat Ibu Bantu Turunkan Risiko Obesitas pada Anak
Para peneliti melihat hubungan antara gaya hidup ibu dengan risiko obesitas pada anak dan remaja. (Foto: Sai De Silva/Unsplash.com)

Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa remaja dengan ibu yang mengikuti gaya hidup sehat mengalami penurunan risiko obesitas sebesar 75 persen. Beberapa pola hidup sehat tersebut adalah konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan tidak merokok. 

Penemuan tersebut juga menunjukkan bahwa anak dari wanita yang menjaga berat badan ideal dan tidak merokok memiliki penurunan risiko sebanyak 56 persen dan 31 persen mengalami obesitas. 

"Studi kami menemukan bahwa gaya hidup sehat secara keseluruhan yang dilakukan ibu menurunkan risiko obesitas pada anak-anak mereka," simpul Qi Sun dari Universitas Harvard T.H. Chan School of Public Health, Amerika Serikat. 

Studi yang dipublikasi dalam jurnal BMJ tersebut memeriksa data dari 24.289 anak-anak berusia antara 9-18 tahun yang lahir dari 16.945 wanita. Mereka melihat hubungan antara gaya hidup ibu dengan risiko obesitas pada anak dan remaja. 

(Baca juga: Anak Obesitas Cenderung Alami Depresi saat Dewasa?)


(Sebuah studi menemukan bahwa remaja dengan ibu yang mengikuti gaya hidup sehat mengalami penurunan risiko obesitas sebesar 75 persen. Foto: Priscilla Du Preez/Unsplash.com)

Hasilnya menunjukkan bahwa 5,3 persen dari kelompok tersebut mengalami obesitas selama rata-rata lima tahun masa tindak lanjut. Obesitas pada ibu, merokok, dan aktivitas fisik sangat terkait dengan obesitas di kalangan anak-anak dan remaja.

Sementara penurunan terbesar dalam risiko obesitas terlihat ketika ibu dan anak-anak mengikuti kebiasaan gaya hidup sehat. Banyak kebiasaan sehat memiliki dampak yang nyata pada risiko obesitas ketika dinilai secara individual. 

Risiko obesitas juga lebih rendah di antara anak-anak dari ibu yang mengonsumsi alkohol tingkat rendah atau sedang dibandingkan dengan mereka yang ibunya tidak minum alkohol.

Lebih lanjut, pola diet ibu tidak berkaitan dengan obesitas pada anak-anak mereka karena diet anak-anak kemungkinan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti makan siang di sekolah dan pilihan makanan yang tersedia di lingkungan mereka.


(TIN)