Dehidrasi Berkaitan dengan Kelembapan Bibir

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 27 Apr 2018 07:19 WIB
kesehatan kulit
Dehidrasi Berkaitan dengan Kelembapan Bibir
Kebiasaan menjilat bibir juga dapat memicu kerusakan lapisan kulit pada bibir. (Foto: Bruno Carvera/Unsplash.com)

Jakarta: Salah satu penanda paling jelas dari tubuh yang mengalami dehidrasi adalah bibir kering. Namun, dari semua lapisan kulit yang menempel di kulit, mengapa lapisan bibir yang paling mudah kering dan mengelupas?

Dokter spesialis kulit kelamin Dr. dr. Tjut Nurul Alam Jaxoeb, SpKK (K) menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh faktor ketebalan kulit.

"Setiap bagian kulit di tubuh memiliki selaput lendir dengan tingkat berbeda. Pada bibir, lapisannya jauh lebih tipis dibanding yang lain sehingga mudah mengelupas," tukas dokter yang sering disapa Dr. Poppy tersebut. 

(Baca juga: Pecinta Lipstik, Perhatikan Ini untuk Kesehatan Bibir Anda)

Selain itu, beberapa kebiasaan pun turut memicu penipisan lapisan. Salah satunya adalah pemakaian lipstik pada kaum wanita. 


(Kebiasaan menjilat bibir juga dapat memicu kerusakan lapisan kulit pada bibir. Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)

"Semahal apa pun lipstik, pasti memgandung pewarna. Zat pewarna inilah yang bisa merusak lapisan kukit di bibir," terang Dr. Poppy.

Oleh karena itu, Dr. Poppy menyarankan agar mengoleskan pelembap pada bibir sebelum tidur agar saat terbangun bibir tetap dalam keadaan lembap dan sehat.

Selain itu, kebiasaan menjilat bibir juga dapat memicu kerusakan lapisan kulit pada bagian tersebut. 

"Air liur yang digunakan untuk membasahi bibir mengandung enzim yang dapat merusak. Jadi sebaiknya jangan terlalu sering melakukannya," tutupnya.





(TIN)