Mandi Air Panas Kemungkinan Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung?

Raka Lestari    •    Senin, 25 Jun 2018 07:00 WIB
kesehatan
Mandi Air Panas Kemungkinan Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung?
Studi menyebutkan ada kemungkinan bahwa peserta yang mandi dengan air panas selama lima kali seminggu juga lebih mungkin untuk terlibat dalam kebiasaan sehat lainnya. (Foto: Vinicius Wiesehofer/Unsplash.com)

Jakarta: Meskipun mandi dianggap penting karena dapat menghilangkan kotoran-kotoran dari tubuh, ada beberapa orang yang mungkin tidak begitu suka mandi.

Dan mengingat banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari ritual harian ini, mungkin jika Anda tidak terlalu suka mandi sebaiknya Anda memikirkan ulang hal tersebut. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Ehime University di Jepang mengamati lebih dari 800 orang dewasa yang berusia sekitar 55-77 tahun, meneliti seberapa sering mereka mandi, durasi setiap mandi, dan suhu air ketika mereka mandi. Anda dianggap mandi air panas jika suhu air yang digunakan untuk mandi diatas 41 derajat celcius. 

(Baca juga: Ini Efek Sauna Terhadap Kesehatan)


(Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mandi air panas lima kali seminggu cenderung memiliki kemungkinan lebih kecil penumpukan lemak di arteri mereka, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung. Foto: Coline Haslé/Unsplash.com)

Kebiasaan mandi para peserta juga diteliti selama periode lima tahun. Kesehatan para peserta juga dipantau, dengan menjalani tes untuk memeriksa risiko mereka terhadap serangan jantung dan stroke.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mandi air panas lima kali seminggu cenderung memiliki kemungkinan lebih kecil penumpukan lemak di arteri mereka, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung. 

Dikutip dari Metro, ada kemungkinan bahwa peserta yang mandi dengan air panas selama lima kali seminggu juga lebih mungkin untuk terlibat dalam kebiasaan sehat lainnya.

Mungkin mereka yang meluangkan waktu untuk mandi lima kali seminggu juga mendedikasikan lebih banyak waktu untuk mengurangi stres, atau mandi karena mereka berolahraga setiap hari. Menghabiskan setengah jam untuk bersantai dan memanjakan diri setiap hari merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres. 





(TIN)