Berapa Harikah Durasi Liburan yang Ideal?

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 30 Jul 2018 10:00 WIB
psikologi
Berapa Harikah Durasi Liburan yang Ideal?
Berapa lamakah durasi liburan yang tepat? Berikut informasinya. (Foto: Link Hoang/Unsplash.com)

Jakarta: Liburan adalah aktivitas yang menyenangkan untuk melepas penat. Namun, berapa lamakah durasi liburan yang tepat?

Menurut sebuah penelitian, durasi liburan yang ideal adalah 7-11 hari. Para peneliti dari University of Tampere di Finlandia mengungkapkan alasan mengapa waktu tersebut sempurna. 

Jika durasi liburan hanya satu atau dua hari, maka Anda masih belum bisa beralih dari pikiran pekerjaan. Sementara, jika waktu bersantai lebih dari dua minggu, Anda akan cemas karena takut pekerjaan tak bisa selesai tepat waktu. 

Jadi, waktu seminggu lebih sedikit sudah dapat membantu melepas penat akibat jenuh dengan pekerjaan. 

(Baca juga: Tips Travelling Murah ala Travel Blogger Ashari Yudha)


("Hasil kami menunjukkan bahwa kesehatan dan kebugaran meningkat dengan cepat setelah dimulainya liburan dan sepertinya mencapai puncaknya pada hari libur kedelapan," ujar Para peneliti dari University of Tampere di Finlandia. Foto: Stil/Unsplash.com)

"Liburan bisa jadi merupakan periode terpanjang dari rehat atas pekerjaan Anda, dan merupakan peluang interval istirahat yang lebih baik," kata para peneliti.

Menurut para peneliti, karyawan sering tidak dapat pulih secara memadai selama jeda singkat dari pekerjaan karena batas yang semakin tipis antara domain kerja dan rumah, jam kerja yang panjang, lembur dan aktivasi fisiologis yang berkepanjangan sebagai akibat dari keasyikan dengan pekerjaan.

"Hasil kami menunjukkan bahwa kesehatan dan kebugaran meningkat dengan cepat setelah dimulainya liburan dan sepertinya mencapai puncaknya pada hari libur kedelapan."

Penelitian kecil tersebut hanya melibatkan 54 peserta yang berarti tidak sepenuhnya dapat digeneralisasikan.

Responden yang ikut serta juga menyadari penelitian ini dan oleh karena itu mungkin telah menekankan komitmen kerja lebih dari biasanya.




(TIN)