Selain Kembung, 4 Gejala Ini jadi Pertanda Sendawa Anda Tidak Normal

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Jun 2018 11:19 WIB
tips kesehatan
Selain Kembung, 4 Gejala Ini jadi Pertanda Sendawa Anda Tidak Normal
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sendawa adalah udara yang dikeluarkan dari mulut dan itu normal terjadi. Setelah bersendawa, seharusnya Anda merasa nyaman, yang merupakan pertanda sistem pencernaan melakukan tugasnya dengan baik. 

Tetapi jika Anda terlalu sering bersendawa, atau jika sendawa diikuti gejala aneh lainnya, bisa jadi ada yang tidak beres pada tubuh Anda.

Dikutip dari Women's Health, berikut tanda-tanda bahwa sendawa Anda kemungkinan bukanlah sendawa yang normal seperti biasanya.

1. Disertai muntah

Rabia De Latour, M.D., gastroenterologist dan ahli endoskopi di NYU School of Medicine mengatakan bahwa sendawa yang disertai mual dan muntah bisa membahayakan, misalnya terjadi sumbatan di usus, sejenis flu perut, atau infeksi. 

2. Disertai kembung

Perut yang kembung terjadi karena Anda terlalu banyak menelan udara. Jika metode normal tidak meredakannya, dan justru membuat Anda muntah, bisa jadi Anda mengalami iritasi usus besar dan intoleransi laktosa, kondisi tersebut bisa menyebabkan seseorang bersendawa. 

3. Sakit pada tulang rusuk

"Hiatal hernia, suatu kondisi dimana perut Anda membengkak hingga ke esofagus dan menyebabkan sendawa berulang," jelas dokter penyakit dalam Julia Kavanagh, M.D. Meskipun begitu, hiatal hernia bukanlah keadaan darurat, tetapi bisa sangat tidak nyaman di perut.

4. Tenggorokan terasa panas

Jika Anda bersendawa banyak setelah makan, dan Anda merasakan sensasi terbakar di tenggorokan, merupakan pertanda bahwa asam lambung sedang naik. 

"Sendawa yang disebabkan karena asam lambung harus diberikan perawatan khusus," ujar Kavanagh. 

5. Berat badan turun

Penurunan berat badan dengan cepat, bersamaan dengan bersendawa merupakan salah satu gejala dari sumbatan usus. Kehilangan berat badan secara perlahan, bisa berarti tubuh Anda tidak mencerna makanan dengan benar.

Lihat video:




(DEV)