Bahaya Pankreatitis Akut yang Diderita DJ Avicii

Torie Natalova    •    Sabtu, 21 Apr 2018 14:28 WIB
Pankreatitis
Bahaya Pankreatitis Akut yang Diderita DJ Avicii
Bahaya Pankreatitis Akut yang Diderita DJ Avicii (Foto: gettyimages)

Jakarta: Penyakit acute pancreatitis atau pankreatitis yang diderita DJ internasional Avicii, dapat membahayakan nyawa penderitanya. Pankreatitis akut adalah peradangan (bengkak) di pankreas dalam periode waktu yang singkat.

Meskipun berlangsung relatif singkat, pankreatitis yang parah dapat menyebabkan komplikasi serius hingga yang mengancam nyawa.

Pankreas adalah organ kecil atau kelenjar panjang yang terletak di belakang perut atau lambung yang membantu pencernaan. Pankreas menghasilkan enzim-enzim yang membantu pencernaan dan hormon mengatur cara tubuh memproses gula (glukosa).

Tanda atau gejala pankreatitis dapat bervariasi tergantung pada jenis yang Anda alami. Beberapa tandanya seperti:

1. Nyeri perut bagian atas
2. Nyeri perut yang menyebar ke punggung
3. Nyeri perut yang terasa lebih buruk setelah makan
4. Demam
5. Mual dan muntah
6. Terasa lembut saat menyentuh perut

Pankreatitis akut terjadi ketika enzim pencernaan menjadi aktif saat masih di dalam pankreas sehingga mengganggu sel-sel pankreas dan menyebabkan peradangan. Dengan serangan berulang, kerusakan pankreas dapat memicu pankreatitis kronis. Pankreas yang tidak berfungsi baik dapat sebabkan masalah pencernaan dan diabetes.

Pankreatitis sering dikaitkan dengan batu empedu. Penyebab penyakit ini termasuk minum terlalu banyak alkohol, obat-obatan tertentu, merokok, cystic fibrosis, riwayat keluarga, kadar kalsium tinggi dalam darah, kadar trigliserida tinggi dalam darah, kanker pankreas, cedera perut. Namun, terkadang penyebab pankreatitis tidak diketahui.
(ELG)