Pasta Bantu Turunkan Berat Badan

Torie Natalova, Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 04 Apr 2018 15:04 WIB
diet
Pasta Bantu Turunkan Berat Badan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, pasta bisa menjadi pilihan karbohidrat yang sehat. Sebab, makanan satu ini dapat memperlambat proses metabolisme. 

Sebuah studi yang dipublikasi dalam BMJ Open mencari tahu dampak konsumsi pasta pada berat badan dan indeks massa tubuh (BMI) dari 2.488 partisipan yang dikumpulkan dari 30 percobaan kontrol acak. 

Para partisipan mengonsumsi sekitar 3,3 porsi pasta dalam seminggu tanpa mengonsumsi jenis karbohidrat lain, dan melakukan pola makan indeks glikemik (GI) rendah. 

Pasta pada dasarnya rendah GI, artinya makanan tersebut lebih lambat dalam memproses naiknya kadar gula darah dibandingkan jenis karbohidrat lain. 

Para peneliti dari Rumah Sakit St Michael di Toronto tersebut menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi pasta sebagai bagian dari pola makan GI rendah hanya kehilangan berat badan dalam jumlah kecil. 

"Studi ini menemukan bahwa pasta tidak berkontribusi dalam kenaikan berat badan atau lemak tubuh. Jadi, konsumsi pasta hanya sehat untuk kategori pola makan GI rendah," terang pemimpin studi sekaligus konsultan dokter di Rumah Sakit St Michael, Dr John Sievenpiper. 

Studi tersebut secara jelas melihat bahwa terjadi penurunan badan lebih besar saat mengonsumsi pasta, dibandingkan jenis karbohidrat lainnya. 

Menurut ahli gizi  Rhiannon Lambert, anggapan bahwa orang-orang perlu mengurangi karbohidrat ketika mencoba menurunkan berat badan benar-benar salah arah.

"Jika Anda ingin menurunkan berat badan, lihat kontrol porsi, lakukan pola makan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan olah raga agar Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda makan," saran dia.

Lihat video:




(DEV)