Empat Manfaat Menjadi Pribadi yang Mandiri

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 04 Oct 2018 15:00 WIB
psikologi
Empat Manfaat Menjadi Pribadi yang Mandiri
(Foto: Thought Catalog)

Jakarta: Sifat mandiri berarti tidak bergantung pada orang lain dan tak masalah melakukan hal-hal sendiri. Karakter satu ini tak hanya menguntungkan secara mental, tetapi juga fisik. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa menjadi pribadi yang mandiri memberi banyak manfaat dalam hidup. 

1. Mengetahui apa yang Anda inginkan

Sifat mandiri membuat Anda menjadi cukup bijak dan lebih kuat dalam mengambil keputusan sendiri. Hal tersebut membuat hidup menjadi lebih bahagia, yang membuat tubuh dan pikiran yang sehat dan damai. 

2. Lebih percaya diri

Rasa percaya diri akan meningkat pada mereka yang mandiri, tanpa disadari. Segala sesuatu yang beres dilakukan sendiri membuat Anda merasa gembira, puas, dan sejahtera. Anda merasa bebas stres, otak lebih aktif, dan tubuh lebih segar. 

3. Mengatur hidup lebih baik

Tak bisa dipungkiri, campur tangan orang lain dalam hidup Anda membuat Anda justru sulit fokus pada diri sendiri. Namun, tidak demikian jika Anda adalah orang yang mandiri. Anda mulai berpikir tentang pentingnya kesehatan, kedamaian pikiran, kebahagiaan dan kesejahteraan Anda. 

Anda menyadari menjadi sehat dan bahagia tidak berada di tangan orang lain tetapi hanya bergantung pada seberapa banyak Anda menginginkan hal ini dalam hidup Anda.

4. Menjadi diri sendiri

Inilah salah satu alasan mengapa orang mandiri terbebas dari stres, cemas, depresi, atau masalah mental. Para peneliti mengatakan bahwa seorang individu tetap dalam kondisi pikiran dan tubuh terbaik ketika dia mendapat kesempatan untuk menjadi dirinya sendiri. 

Lihat video:





(DEV)