Benarkah Air Alkali Lebih Bagus Dibandingkan Air Biasa

Raka Lestari    •    Minggu, 10 Jun 2018 16:51 WIB
kesehatan
Benarkah Air Alkali Lebih Bagus Dibandingkan Air Biasa
(Foto: adedgetech)

Jakarta: Manfaat air alkali masih menuai perdebatan. Air alkali ini memang berbeda dari air biasa karena memiliki kandungan pH yang lebih tinggi.

pH memiliki skala dari 1-14 dimana skala 0 bersifat sangat asam dan 14 bersifat sangat basa," ujar Lisa Hayim, R.D., dan pendiri The Well Necessities.

 Tubuh manusia memiliki pH alami sekitar 7,4, dan air biasa memiliki pH sekitar 7.

"Sedangkan air alkali memiliki kandungan yang kaya akan bahan alkalizing seperti kalsium, silika, kalium, magnesium, dan bikarbonat," ujar Amy Shapiro, R.D., pendiri Real Nutrition NYC.

Dengan pH sekitar 8 atau 9, air alkali tidak terlalu asam dan lebih basa daripada air biasa.

"Teorinya adalah dengan minum air alkali, Anda berharap dapat menjaga pH Anda agar seimbang" kata Shapiro.

Namun, tubuh bisa bekerja dengan sangat baik dalam mengontrol tingkat pH dalam tubuh.  

"Ini adalah tugas paru-paru, hati, dan ginjal untuk menjaga pH normal dalam tubuh kita," kata Keri Gans, ahli gizi diet terdaftar di NYC.

Jadi minum air dengan kandungan pH tertentu untuk "menyeimbangkan" beberapa hal tidaklah  berguna karena tubuh yang sehat sudah bisa melakukannya sendiri.

Begitu juga jika Anda minum untuk memperbaiki masalah kesehatan seperti asam lambung, misalnya, mungkin tidak terlalu membantu.

Air alkali sebenarnya bisa berbahaya bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit ginjal, serta orang-orang yang sehat.

"Terlalu banyak air alkali dapat mengurangi jumlah asam lambung di dalam tubuh, komponen yang penting untuk pencernaan dan mencegah penyakit tertentu," kata Shapiro.


(DEV)