Kapan Anak Boleh Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluouride?

Raka Lestari    •    Senin, 11 Jun 2018 13:47 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Kapan Anak Boleh Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluouride?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Anak-anak harus diajarkan untuk merawat gigi sejak dini. Salah satunya dengan mengenalkan pasta gigi. 

Menurut American Dental Association (ADA), mulailah menggunakan pasta gigi yang diperkaya dengan fluoride setelah Anda melihat munculnya gigi pada bayi Anda.

Sebelum gigi tumbuh, American Academy of Pediatric Dentists (AAPD) merekomendasikan untuk membersihkan gusi anak dengan kain kassa dan air setiap hari. Setelah gigi sudah mulai tumbuh, AAPD mengatakan bahwa Anda sudah bisa menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan flouride untuk menyikat gigi bayi dua kali sehari dan gunakan sikat gigi yang lembut sesuai usia.

Meskipun banyak pendapat yang mengatakan bahwa pasta gigi ber-flouride sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun, ADA mengatakan hal berbeda. Mereka melihat ada banyak balita yang berusia sekitar 5 tahun mengalami gigi berlubang sehingga perlu pencegahan yang lebih dini.

Menurut Edmond L. Truelove, D.D.S., ketua Dewan ADA untuk Urusan Ilmiah, sekitar 25 persen anak-anak mengalami atau memiliki gigi berlubang sebelum memasuki taman kanak-kanak, jadi penting untuk memberikan panduan kepada orang tua tentang penggunaan pasta gigi fluoride yang tepat untuk membantu mencegah anak-anak mengalami gigi berlubang.

Karena menelan terlalu banyak fluoride dapat menyebabkan fluorosis gigi dan bintik-bintik putih pada gigi, pastikan anak berkumur dengan air dan membuang busa pasta gigi.




(DEV)