Seri Tonggak Perkembangan Batita

Tonggak Perkembangan Anak Usia 13-24 Bulan

   •    Kamis, 20 Dec 2018 14:28 WIB
perkembangan anak
Tonggak Perkembangan Anak Usia 13-24 Bulan
Usia 14-24 bulan, si kecil sudah mulai menunjukkan kemampuan bicaranya dengan menggumamkan satu dua patah kata dengan jelas. (Foto: Douglas J S Moreira/Unsplash.com)

Jakarta: Usia 13-24 bulan si kecil mulai memasuki tahun kedua kehidupannya. Mungkin ia mengalami kesulitan untuk menaiki dan menuruni tangga.

Tapi walau begitu keinginannya untuk berkeliling ruangan mengamati benda-benda di sekitarnya akan sangat besar itulah contoh perkembangan yang di alami usia 13 bulan.

Melansir dari BabyCenter menjelaskan apa saja perkembangan yang terjadi pada batita usia 13-24 bulan, berikut ini yang bisa Anda ketahui:

1. Motorik halus
Pada umur 13-24 bulan, si kecil diharapkan sudah bisa memasukkan benda ke dalam lubang, menggunakan benda sesuai fungsinya, mengambil alat permainan dari lantai jatuh.

Serta membuka-buka lembaran buku, mencoret-coret, menarik, memutar, mendorong benda, melempar, menggambar dengan gerakan tangan menyeluruh, menggeser tangan dan membuat garis besar.

(Baca juga: Tonggak Perkembangan Anak Usia 1-6 Bulan)


(Usia 13-24 bulan si kecil mulai memasuki tahun kedua kehidupannya. Mungkin ia mengalami kesulitan untuk menaiki dan menuruni tangga. Tapi walau begitu keinginannya untuk berkeliling ruangan sangat besar. Foto: Kanzuend/Unsplash.com)

2. Motorik kasar
Pada umur 13-24 bulan ini, diharapkan ia bisa berjalan sendiri, berjalan mundur, menarik dan mendorong alat permainan, duduk sendiri, naik dan turun tangga dengan pertolongan, serta bergoyang-goyang mengikuti irama musik.

3. Mulai berjalan
Tidak usah terlalu khawatir apabila si kecil sering terjatuh. Karena sebenarnya itu merupakan proses dalam belajarnya. Sering-seringlah ajak ia untuk berjalan di atas rumput, di atas pasir atau tanah. Tapi hati-hati, perhatikan apakah ada benda-benda tajam yang bisa melukainya.

Di usia 14 bulan setelah si kecil berjalan dan terjatuh berkali-kali, akan mulai mendapatkan kepercayaan dirinya. Saat itulah si kecil mulai senang memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain.

Mendorong kursi, tempat sampah, dan barang-barang lain terlihat betapa energi si kecil seakan tiada habisnya dan begitu antusias menjelajah.

4. Mulai mengucap kata
Ada beberapa anak yang sudah mulai bisa mengucapkan kata tunggal. Sudah mulai menunjukkan kemampuan bicaranya dengan menggumamkan satu dua patah kata dengan jelas misalnya “Mama”, “Papa” atau “Susu”. Pujilah si kecil ketika sudah berhasil mengucapkan kata itu dengan baik.

Dan sebagai orang tua juga sudah mulai tahu apa kemauan dan keinginan si kecil dari bahasa tubuh dan bahasa simbol yang digunakannya. Contohnya, saat si kecil merasa haus, akan menyodorkan gelasnya sambil berkata “em..ma”.

Untuk melatih berbicara agar bisa mengungkapkan perasaannya, bisa mengulangi permintaanya “Adik mau minum? Haus ya sayang?” Perkembangan luar biasa bayi usia 13-14 bulan tersebut memang tak bisa lepas dari kesabaran dan dukungan penuh sebagai orang tua.


Maria Fransiska




(TIN)