Lima Bahan Alami Obati Kaki Lecet karena Sepatu

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 30 Oct 2018 13:47 WIB
tips & trik
Lima Bahan Alami Obati Kaki Lecet karena Sepatu
Berikut adalah lima bahan alami untuk mengatasi dan mengurangi nyeri kaki lecet. (Foto: Andrew Tanglao/Unsplash.com)

Jakarta: Kaki lecet karena berjalan terlalu lama atau menggunakan sepatu baru adalah masalah keseharian yang kerap kita alami. Bahkan, tak jarang muncul bekas luka setelah rasa sakit hilang.

Bagi Anda yang ingin mengobatinya, berikut adalah lima bahan alami untuk mengatasi dan mengurangi nyeri pada area tersebut.

1. Lidah buaya
Lidah buaya adalah obat paling manjur untuk masalah kulit, termasuk bekas lecet. Kandungan penyembuh di dalamnya dapat meringankan rasa nyeri dengan instan. Gunakan setiap hari untuk mengurangi bekas luka.

2. Aspirin
Kandungan antiinflamasi dalam aspirin dapat mengurangi bengkak dan radang karena lecet sepatu. Tumbukan tablet aspirin, lalu campurkan dengan air. Oleskan cairan pada daerah kaki anggota bermasalah. Cuci setelahnya.

(Baca juga: Selain Lidah Buaya, 4 Bahan Ini Bisa Mengobati Lecet di Kulit)


(Kaki lecet karena berjalan terlalu lama atau menggunakan sepatu baru adalah masalah keseharian yang kerap kita alami. Salah satu yang bisa mengatasi rasa sakit tersebut adalah Es batu yang dapat mengurangi rasa nyeri dengan cepat dan mudah. Foto: Jaclyn Moy/Unsplash.com)

3. Madu
Madu efektif mengobati lecet pada kaki yang meninggalkan bekas luka. Usapkan madu pada bagian yang mengalami nyeri karena penggunaan sepatu supaya rasa sakit segera hilang.

4. Pasta gigi
Beberapa komponen seperti baking soda, mentol, dan periksoda hidrogen dalam pasta gigi mempercepat efek melepuh pada luka. Diamkan selama satu jam setelah dioleskan pada daerah lecet, kemudian bersihkan dengan air.

5. Es batu
Ini adalah penyembuh paling alami. Es batu dapat mengurangi rasa nyeri dengan cepat dan mudah. Bungkus es batu pada kain bersih kemudian gosokkan pada bagian lecet. Selain hilangkan rasa nyeri, es batu juga dapat mengurangi pembengkakan.




(TIN)