Lima Langkah SADARI untuk Deteksi Dini Kanker Payudara

Raka Lestari    •    Kamis, 15 Nov 2018 17:37 WIB
kanker payudara
Lima Langkah SADARI untuk Deteksi Dini Kanker Payudara
Yayasan Millenials Goes Pink (MGP), Kamis, 15 November 2018 merayakan ulang tahun pertamanya. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Jakarta: Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi kebanyakan wanita. Selain karena tingginya kasus kematian karena kanker payudara, salah satu yang menjadi alasan mengapa angka penderita kanker payudara meningkat adalah dengan kurangnya kesadaran para wanita untuk memeriksakan payudaranya sendiri.

Yayasan Millenials Goes Pink (MGP) yang pada hari ini merayakan ulang tahun pertamanya didirikan untuk mendukung, membimbing dan mempromosikan milenial melalui MGP untuk meningkatkan kesadaran akan deteksi dini kanker payudara di seluruh Indonesia.

Untuk mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) secara rutin pada 7-10 haru setelah hari pertama menstruasi. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

(Baca juga: Kampanye SADARI Belum Terlalu Disadari)


(Yayasan Millenials Goes Pink (MGP) yang pada hari ini merayakan ulang tahun pertamanya didirikan untuk mendukung, membimbing dan mempromosikan milenial melalui MGP untuk meningkatkan kesadaran akan deteksi dini kanker payudara di seluruh Indonesia. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

1. Berdiri tegak
Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan atau perubahan pada puting. Jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris.

2. Siku
Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan cermati payudara, dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara. Otot dada sendirinya berkontraksi saat melakukan gerakan ini.

3. Raba
Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas bawah, gerakan melingkar, dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan.

4. Cubit
Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Konsultasikan ke dokter jika hal itu terjadi.

5. Posisi tidur
Pada posisi tiduran, letakan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan sebelumnya.




(TIN)