Dampak Masalah Pencernaan bagi Tubuh

Raka Lestari    •    Selasa, 13 Nov 2018 09:00 WIB
kesehatan pencernaan
Dampak Masalah Pencernaan bagi Tubuh
Inilah dampak dari gangguan pencernaan bagi tubuh yang bisa Anda ketahui. (Foto: Averie Woodard /Unsplash.com)

Jakarta: Sakit perut merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, tetapi selain dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat Anda merasa khawatir atas apa yang Anda makan.

Dampak gangguan pencernaan sendiri bisa sangat beragam, mulai dari gangguan pada mood Anda bahkan sampai masalah kulit. "Pencernaan adalah salah satu fungsi fisiologis terpenting dari tubuh," kata ahli gastroenterologi Ashkan Farhadi, MD. 

"Sistem pencernaan menyiapkan makanan untuk diangkut melintasi batas-batas tubuh di usus kita. Tanpa pencernaan, tubuh kita tidak dapat mengakses nutrisi yang kita konsumsi dan kita akan kelaparan." Dan inilah dampak dari gangguan pencernaan bagi tubuh yang bisa Anda ketahui.

1. Dapat mengganggu mood Anda
Menurut Dr Farhadi, gangguan pencernaan tidak hanya dapat menyebabkan iritasi, kekurangan energi dan kelemahan, tetapi juga dapat memengaruhi suasana hati dan rasa kebahagiaan secara keseluruhan. 

Bahkan, penelitian yang terdapat pada jurnal Annals of Gastroenterology telah menemukan kaitan antara penyakit pencernaan dan gangguan psikologis seperti kecemasan dan depresi.

(Baca juga: Lima Makanan Tinggi Serat Baik untuk Pencernaan)


(Dampak gangguan pencernaan sendiri bisa sangat beragam, mulai dari gangguan pada mood Anda bahkan sampai masalah kulit. Foto: Kinga Cichewicz/Unsplash.com)

2. Dapat berdampak pada kulit
Memiliki masalah kulit? Pencernaan Anda mungkin bisa menjadi salah satu penyebabnya. "Usus Anda adalah pintu gerbang ke banyak sistem organ lain, termasuk wajah Anda," kata ahli diet Monica Auslander Moreno, MS, RD, LD / N. 

"Peradangan dari makanan dengan kandungan glikemik tinggi, dan bahkan susu pada seseorang yang rentan terhadap susu dapat menyebabkan munculnya jerawat."

3. Dapat merusak rasa percaya diri
Karena masalah pencernaan dapat membuat Anda tidak nyaman secara fisik dan mental, mereka dapat memengaruhi seberapa baik rasa percaya diri Anda.

"Dalam sebuah studi yang diterbitkan baru-baru ini (dalam jurnal Neurogastroenterology & Motility), telah ditunjukkan bahwa gejala gastrointestinal terkait erat dengan rasa kepercayaan diri, rasa aman, perasaan dicintai, dan rasa kemandirian," ujar Dr Farhadi.

4. Bencian terhadap makanan tertentu
Ketika Anda mengalami masalah pencernaan, hal itu dapat membuat Anda takut untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang dampaknya bisa berlangsung cukup lama. 

"Sebagian orang merasa kembung begitu parah sehingga mereka mulai menghindari banyak makanan padahal belum tentu makanan tersebut dapat menyebabkan kembung," kata Auslander. "Ini dapat menyebabkan berat badan yang tidak ideal dan kehilangan massa otot, defisiensi nutrisi, dan gangguan makan."

5. Menurunkan sistem imun
Memiliki keseimbangan bakteri usus di tubuh Anda dapat memengaruhi pencernaan Anda, dan ketika tidak seimbang maka itu juga dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, menurut WebMD. 

Bakteri usus Anda memengaruhi metabolisme tubuh Anda, dan ketika Anda memiliki terlalu sedikit atau terlalu banyak bakteri tertentu, itu dapat meningkatkan risiko untuk berbagai jenis penyakit.





(TIN)