Manfaat Free Time bagi Kesehatan Mental Anda

Raka Lestari    •    Selasa, 06 Nov 2018 12:45 WIB
psikologi
Manfaat Free Time bagi Kesehatan Mental Anda
Menurut para ahli menyediakan waktu luang untuk diri sendiri setiap harinya adalah sesuatu yang benar-benar diperlukan. (Foto: Alejandro Alvarez/Unsplash.com)

Jakarta: Memiliki free time atau waktu luang bagi diri sendiri memiliki manfaat positif bagi kesehatan jiwa. Namun seberapa banyak waktu luang yang harus disediakan bagi tubuh Anda? Mungkin jawabnya akan berbeda-beda setiap individu.

Dan memang, menurut para ahli menyediakan waktu luang untuk diri sendiri setiap harinya adalah sesuatu yang benar-benar diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan mental Anda secara keseluruhan.

Menurut konselor dan relationship expert, David Bennett, secara umum yang terbaik adalah melihat waktu luang Anda sebagai waktu yang bisa Anda kendalikan, dan bukanlah waktu di mana Anda dikendalikan oleh orang lain atau suatu hal seperti manajer di kantor, orang tua, atau bahkan anggota keluarga lainnya.

Adapun berapa banyak waktu luang yang harus Anda berikan sendiri setiap hari, Bennett mengatakan itu agak sulit untuk ditentukan karena itu pasti tergantung pada setiap orang dan gaya hidup mereka.  

Namun, menurut Bennett, Anda sebaiknya harus memberi waktu lebih banyak untuk diri sendiri daripada yang Anda kira sebenarnya Anda butuhkan.

Dengan kata lain, dia mengatakan ada kemungkinan besar selama ini Anda meremehkan waktu luang yang perlu Anda sediakan untuk kesejahteraan Anda.


(Menurut Bennett, konselor dan relationship expert Anda sebaiknya harus memberi waktu lebih banyak untuk diri sendiri daripada yang Anda kira sebenarnya Anda butuhkan. Foto: Bo Quan Nguyn/Unsplash.com)

(Baca juga: Pentingnya Aktivitas di Luar Sekolah bagi Si Kecil)

"Waktu luang sangat penting," kata Bennett kepada Elite daily. "Dan jika Anda merasa seolah-olah sebagian besar hidup Anda berada di bawah kendali orang atau organisasi lain, mungkin itu adalah sesuatu yang ingin Anda perlukan."

Jamie Gruman, Ph.D. seorang psikolog, profesor, dan ketua pendiri Canadian Positive Psychology Association mengatakan bahwa, "Salah satu kebutuhan dasar manusia yang kita miliki adalah kebutuhan akan otonomi, yang melibatkan kebutuhan bagi kita untuk merasa bebas menentukan pilihan dalam hidup."

Menurut Dr Gruman, "Waktu luang memenuhi kebutuhan otonomi itu dan karena itu adalah kebutuhan, itu harus dipenuhi jika kita ingin berkembang sebagai individu," tambahnya.

"Memiliki waktu luang, bahkan dalam waktu singkat dapat memenuhi kebutuhan ini jika waktu tersebut digunakan secara efektif," pungkasnya.




(TIN)