Amankah Diet Keto untuk Turunkan Berat Badan?

Torie Natalova    •    Sabtu, 03 Nov 2018 10:43 WIB
diet
Amankah Diet Keto untuk Turunkan Berat Badan?
Amankah Diet Keto untuk Turunkan Berat Badan? (FotoL istock)

Jakarta: Diet ketogenik menjadi populer setelah banyak orang yang merasakan keberhasilannya untuk menurunkan berat badan. Benarkah diet keto efektif dan yang terpenting, apakah diet ini aman?

Diet ketogenik adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Praktisi ahli gizi Alan Barclay mengatakan, tujuan diet ini adalah untuk mengurangi jumlah karbohidrat secara signifikan dalam diet Anda, sehingga tubuh beralih dari karbohidrat yang terbakar ke pembakaran lemak untuk energi.

Karena tidak ada karbohidrat yang cukup dan kelebihan lemak, hati Anda akan menghasilkan jumlah yang lebih besar dari keton, dan ini secara efektif menempatkan tubuh Anda dalam keadaan metabolik "ketosis".

Dalam ketosis, tubuh Anda menjadi sangat efisien menggunakan badan keton yang dihasilkan dari pemecahan lemak sebagai bahan bakar. Dengan kata lain, tubuh Anda akan membakar lebih banyak lemak tubuh.

Perlu diketahui, diet keto aman dilakukan dalam jangka pendek, tidak jangka panjang karena dapat membawa masalah kesehatan. Tubuh akan kehilangan manfaat nutrisi dari makanan yang mengandung karbohidrat, padahal karbohidrat sangat penting untuk otak, sistem saraf, ginjal dan sel darah merah.

Diet keto mungkin efektif untuk mengurangi berat badan dalam jangka ppenjeng. Ini karena berkurangnya penyimpanan glikogen tubuh di hati dan otot serta hilangnya air dalam tubuh. Tetapi, diet ini harus diikuti di bawah pengawasan klinis jika digunakan dalam jangka panjang karena dampaknya yang belum dapat diketahui pasti.

Transisi ke diet ketogenik juga terkadang dapat menyebabkan efek samping yang disebut sebagai 'keto flu' seperti energi rendah, meningkatnya rasa lapar, masalah tidur, mual, pencernaan tidak nyaman, bau mulut yang sering digambarkan seperti bau buah busuk akibat kelebihan produksi keton.




 


(ELG)