Serba-serbi Vagina: Infeksi Jamur sampai Senam Kegel

Anda Nurlaila    •    Jumat, 22 Feb 2019 15:58 WIB
kesehatan organ intim
Serba-serbi Vagina: Infeksi Jamur sampai Senam Kegel
Ada beberapa fakta penting mengenai kesehatan organ intim wanita ini. (Foto: Pexels.com)

Jakarta: Saat menyebut kata vagina, banyak merujuk pada vulva yang merupakan alat kelamin luar vagina. Organ vagina adalah saluran yang menghubungkan rahim dan leher rahim (serviks) dengan bagian luar tubuh.

Saluran ini memungkinkan terjadinya menstruasi, hubungan seksual, dan melahirkan. Sedangkan vulva termasuk labia, pembukaan vagina, klitoris dan uretra. Ada beberapa fakta penting mengenai kesehatan organ intim wanita ini, seperti dikutip Health:

1. Vagina dapat membersihkan sendiri
Tidak perlu membasuh organ intim dengan cairan pembersih khusus kewanitaan, scrub, dan mencuci bagian dalam vagina. Gunakan sabun dan air untuk membersihkan bagian luarnya saja.

2. Bakteri baik
Organ intim wanita ini penuh dengan bakteri dan jamur yang bermanfaat. Cairan pembersih hanya akan mengganggu keseimbangan vagina dan dapat menyebabkan iritasi dan infeksi

3. Tak perli perawatan khusus vagina
Vagina tidak memerlukan perawatan khusus seperti vajacial atau ratus karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri di dalamnya.

4. Aroma vagina
Aroma vagina normal, dan bervariasi tergantung diet, siklus menstruasi, berapa banyak asupan air seorang wanita.

(Baca juga: Empat Mitos dan Fakta Vagina Saat Absen Bercinta)


(Asupan yogurt membantu mempertahankan bakteri baik dalam vagina. Foto: Pexels.com)

5. Perlu sirkulasi udara
Karena alat kelamin wanita juga membutuhkan sirkulasi udara, sebaiknya gunakan pakaian dalam harian dan saat olahraga yang menyerap keringat seperti katun. Jangan menggunakan panty dan pembalut terlalu lama dan lebih baik tidur tanpa menggunakan celana dalam.

6. Masa subur
Perubahan yang terjadi di vagina memberi informasi mengenai kesuburan wanita. Jika dari vagina keluar lendir yang lengket, licin dan kadang berwarna bening tandanya Anda sedang masa subur. Jika berencana memiliki buah hati, sekarang saatnya berhubungan intim.

7. Aneka rasa gatal
Rasa gatal di area vagina tidak selalu berarti sedang mengalami infeksi jamur. Ini bisa akibat dari yang pakaian terlalu ketat, bercukur, iritasi dari sabun dan detergen, infeksi lain seperti bakteri vaginosis atau trichomoniasis

8. Yogurt
Yogurt bukan perawatan untuk infeksi bakteri. Asupan yogurt membantu mempertahankan bakteri baik dalam vagina, tetapi tidak ada bukti mengaplikasikannya di daerah intim akan mencegah atau mengobati infeksi jamur.

Infeksi jamur dapat disembuhkan dengan krim antijamur dan salep yang kadang disertai obat oral. Penggunaan antibiotik terus menerus dapat menyebabkan infeksi jamur. Meski lebih sering terjadi pada wanita, pria juga dapat mengalami infeksi jamur.

9. Kondom tersangkut
Anggapan tampon atau kondom yang terlepas di dalam vagina dapat beredar ke bagian tubuh lain hanya mitos.

10. Hati-hati terhadap aneka makanan di atas vagina
Senang bereksperimen dengan makanan saat berhubungan seks seperti menaruh gula, madu, es krim atau sirup cokelat? Mungkin memang menyenangkan, tetapi sisanya bisa menyebabkan infeksi di vagina.

11. Hubungan seks
Hubungan seks teratur dapat menyehatkan vagina karena memperlancar aliran darah dan cairan dalam saluran kelamin.


(Senam kegel dapat mengencangkan otot-otot pelvic, meningkatkan aliran darah ke vagina danmembantu wanita merasakan orgasme yang lebih kuat. Foto: Pexels.com)

13. Ukuran vulva
Vulva tiap-tiap wanita berbeda. Mulai ukuran ukuran dan ketebalan klitoris, hingga panjang dan warna labia.

14. Lebih rentan
Dibandingkan penis, vagina lebih rentan terjangkit penyakit menular seksual. Lapisan vagina lebih tipis sehingga memungkinkan virus dan bakteri lebih mudah masuk daripada kulit penis.

15. Melahirkan
Melahirkan tidak merusak vagina, sebab organ ini bisa meregang saat persalinan dan kembali ke bentuk semula.

16. Senam kegel
Senam kegel dapat mengencangkan otot-otot pelvic, meningkatkan aliran darah ke vagina dan membantu wanita merasakan orgasme yang lebih kuat. Selain itu, senam kegel meningkatkan kemampuan mengendalikan kandung kemih.

17.  Cara melakukan kegel
Cara melakukan kegel: kontraksikan otot pelvic dan tahan selama tida detik dan lepaskan dan rileks selama tiga detik. Lakukan 10-15 kali. Semakin lama, Anda dapat menambah durasi kontraksi-rileksasi otot pelvic.

18. Waspada jika...
Jika ada yang mencurigakan seperti bau yang tidak biasa, vagina yang terlalu kering, atau gatal yang tak kunjung reda, segera konsultasikan dengan dokter kandungan.


(TIN)