Ini Posisi Tidur Terbaik untuk Bayi

Torie Natalova    •    Sabtu, 02 Feb 2019 16:58 WIB
tumbuh kembang bayi
Ini Posisi Tidur Terbaik untuk Bayi
Ini Posisi Tidur Terbaik untuk Bayi (Foto: gettyimages)

Jakarta: Posisi tidur bayi tidak bisa diremehkan. Ada beberapa bayi yang mungkin lebih menyukai tidur dengan posisi tengkurap atau bagian perut di bawah. Amankah posisi tidur seperti ini?

Sebuah penelitian terbaru yang diambil dari berbagai penelitian di seluruh dunia menunjukkan bahwa adanya hubungan antara posisi tidur bayi dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Kematian bisa diakibatkan oleh beberapa kemungkinan seperti, bayi yang tidur tengkurap dengan wajah terlalu dekat kasur dapat menghambat asupan oksigen masuk ke dalam tubuh karena terus menghirup udara yang sama dengan masuk dan keluar. Kemungkinan lainnya adalah bayi dapat mati lemas ketika tidur dengan perutnya di atas kasur yang terlalu lunak. Bahaya lainnya karena bayi menghirup udara dekat kasur yang mengandung mikroba sehingga dapat mengganggu pernapasan bayi.

Bayi disarankan untuk selalu tidur terlentang, kecuali bayi Anda diberikan saran medis tertentu oleh dokter anak. Selain itu, bayi lebih aman tidur terlentang agar tidak mengalami kesulitan menoleh yang menyakitkan.

Tidur dengan posisi miring juga tidak disarankan karena biasanya tidur miring akan berakhir dengan posisi yang tengkurap. Namun, ketika bayi Anda sudah bisa membalikkan badannya sendiri, jangan khawatir karena risiko SIDS secara signifikan lebih rendah.

Tidur terlentang dapat menyebabkan tengkorak kepala bayi tumbuh sementara, yang dikenal sebagai plagiocephaly (sindrom kepala datar). Anda dapat menghindari ini dengan membaringkan kepala bayi di sisi yang berlawanan setiap kali Anda menidurkannya. Bentuk kepala bayi Anda secara bertahap akan menjadi normal seiring berjalannya waktu dan hampir tidak pernah membutuhkan perawatan.

Meskipun tidur tengkurap berbahaya untuk bayi, posisi ini tetap diperlukan oleh bayi untuk melatih perut, punggung dan leher bayi. Anda dapat mencoba cara "tummy time" setiap hari dengan menempatkannya dalam posisi tengkurap saat mereka bangun sehingga mereka dapat bermain dan menjelajah.

 


(ELG)