Kapan Memperkenalkan Makanan Pedas pada si Kecil?

Anda Nurlaila    •    Kamis, 24 Jan 2019 11:59 WIB
makanan sehattumbuh kembang bayi
Kapan Memperkenalkan Makanan Pedas pada si Kecil?
Anak-anak berusia di bawah satu tahun umumnya lebih rentan terhadap reaksi (Foto Ilustrasi: Kazuend/Unsplash.com)

Jakarta: Pemberian makanan pendamping ASI (mpasi) dimulai sejak bayi berusia enam bulan. Pada saat yang sama ibu juga bisa menjajal memberi makanan yang mengandung rempah-rempah, termasuk makanan pedas kepada buah hati.   
 
Makanan pedas atau rempah dapat disajikan sebagai camilan atau food finger. Sebagai permulaan, ibu dapat memasukkan rempah-rempah dengan rasa lebih ringan seperti kayu manis dan pala tanpa tambahan gula dan garam.

"Anak-anak ingin makan makanan yang rasanya enak, seperti halnya orang dewasa," kata Kristi King, Ahli Nutrisi dan Diet di Rumah Sakit Anak Texas seperti dimuat Babycenter.

King menambahkan, ibu dapat meningkatkan toleransi anak terhadap makanan pedas sejak masa menyusui. Sebab jejak rasa dan zat penyebab rasa pedas ada dalam ASI.

Klik di sini: Lima Menu Sarapan Tinggi Protein

Namun sebaiknya makanan pedas atau bumbu yang lebih pekat seperti kari dikenalkan saat anak berusia satu tahun. Anak-anak berusia di bawah satu tahun umumnya lebih rentan terhadap reaksi dan sensivitas makanan.

Untuk mengetahui reaksi bayi terhadap makanan baru, sebaiknya lakukan secara bertahap. Berikan makanan pedas atau berbumbu dalam porsi kecil lebih dahulu. Meskipun makanan pedas jarang memicu alergi, makanan ini dapat mengiritasi sistem pencernaan dan menyebabkan refluks gastro esofagus,-asam lambung.

Jika ingin mengenalkan rasa yang lebih kuat, ibu dapat menambahkannya dalam menu camilan tetapi tetap dalam porsi kecil. Sehingga dapat diketahui berapa banyak makanan berempah yang dapat ditoleransi anak. Dengan begitu ibu dapat dengan cepat mengetahui jika anak mengalami sakit perut atau gangguan percernaan.

Cerdas Menjaga Tumbuh Kembang Si Kecil



(FIR)