Hindari Makanan Pemicu Buang Air Besar Saat Lari

Torie Natalova    •    Sabtu, 15 Apr 2017 15:11 WIB
kesehatan
Hindari Makanan Pemicu Buang Air Besar Saat Lari
Hindari Makanan Pemicu Buang Air Besar Saat Lari (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi sebagian orang yang gemar olahraga lari, mungkin sering merasakan sakit perut ketika berlari. Rasa sakit perut ini seringkali memicu rasa ingin buang air besar bahkan diare, terutama bagi pelari jarak jauh.

Salah satu sumber pemicu sakit perut ini adalah makanan. Sehingga, Anda harus memperhatikan asupan makanan sebelum berlari agar mengurangi kemungkinan serangan di saluran pencernaan Anda.

Salah satu makanan yang harus dihindari sebelum olahraga lari jarak jauh adalah kafein. Kopi secara umum benar-benar dapat mempercepat waktu transit makanan melalui saluran pencernaan. Minuman seperti teh, minuman berenergi, soda atau cokelat dan permen karet juga mengandung kafein.

Anda bisa memilih kopi tanpa kafein dalam tiga hingga empat jam sebelum lari. Anda juga bisa memilih apel untuk menu sarapan dan menangkal rasa lemas.

Selain kopi, ada beberapa makanan lain yang dapat memicu sakit perut saat lari. Inilah beberapa makanan yang harus Anda hindari.

1. Sereal dengan serat dan buah
Meski sehat, tapi semangkuk sereal dengan serat tinggi dan buah-buahan atau biji chia dapat memicu sakit perut. Ganti sereal sehat tersebut dengan roti, selai kacang atau pisang. Roti dan pisang sangat mudah dicerna dan protein dari selai kacang dapat mempertahankan energi saat berlari.

2. Pemanis buatan
Pemanis buatan atau sorbitol merupakan gula alkohol yang umum digunakan dalam produk seperti permen karet ata minuman untuk menggantikan gula dan mengurangi kalori. Namun, sorbitol tidak sepenuhnya diserap dan digunakan untuk energi seperti yang dilakukan oleh gula. Ini berarti membuat sorbitol tetap di saluran pencernaan dan dapat memicu rasa sakit, kram, kembung dan diare.

Ganti pemanis buatan dengan air putih atau minuman elektrolit untuk menghindari dehidrasi dan aman untuk usus.

3. Makanan pedas
Capsaicin, bahan kimia pada cabai juga dikenal dapat mengiritasi lapisan usus kecil dan besar. Jika Anda akan lari setelah makan, pilih karbohidrat kompleks seperti sayuran dan beras merah, dua hingga tiga jam sebelum berlari.

4. Produk susu
Kombinasi lemak dan laktosa dalam susu, keju dan produk susu lainnya dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda sehingga dapat memicu sakit perut atau rasa buang air besar. Anda bisa mengganti produk susu biasa dengan susu almond.

5. Kacang-kacangan dan lentil
Kacang-kacangan dan lentil menjadi populer belakangan ini karena termasuk makanan yang sehat. Tapi, salah satu unsur terkuat dalam kacang dan lentil yakni serat, juga dapat memicu rasa buang air besar lebih tinggi. Anda bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat alternati yang mengandung sedikit serat seperti roti, kentang, pasta dan nasi. Hindari gandum karena mereka mengandung serat tambahan yang dapat mengganggu saluran pencernaan.


 


(ELG)