Mitos atau Fakta Memakan Lemak Membuat Anda Gemuk

Yatin Suleha    •    Selasa, 20 Jun 2017 17:31 WIB
kesehatan
Mitos atau Fakta Memakan Lemak Membuat Anda Gemuk
The American Heart Association menyarankan Anda untuk mengasup paling tidak dua kali menu ikan dalam satu minggu. (Foto: Rd.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lemak membuat Anda jadi gemuk? Tenyata hal tersebut hanya mitos saja, karena hal ini tidak benar. Lauren Blake, RD, LDN, seorang ahli diet dari the Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus, Amerika mengatakan bahwa banyak mitos yang mengabarkan bahwa jika Anda mengonsumsi lemak maka Anda akan gemuk.

Blake mengatakan bahwa tidak semua lemak jahat pada tubuh Anda. "Terdapat juga lemak yang baik bagi tubuh Anda. Lemak yang baik terdapat pada minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan dan selai kacang."




"Justru dengan mengonsumsi lemak baik ini Anda bisa merasa kenyang yang lebih lama karena dicerna lebih lambat, jika dibandingkan Anda mengonsumsi karbohidrat atau protein, dan mampu mengurangi ras lapar dan nafsu makan berlebih."

(Baca juga: Lemak Ini Berfungsi Jaga Sistem Kekebalan Tubuh)

Sebaliknya, lemak baik ini bisa menurunkan berat badan Anda. Karena lemak baik ini berfungsi menyerap larutan-lemak nutrien seperti vitamin A, D, dan K demikian juga dengan likopen dan beta karoten. "Asam amino omega-3 dapat ditemukan di ikan, kacang-kacangan dan tanaman berbiji." 

The American Heart Association menyarankan Anda untuk mengasup paling tidak dua kali menu ikan dalam satu minggu. Lemak dalam ikan lebih baik dibandingkan dengan lemak yang terdapat dalam daging merah. 









(TIN)