Mungkinkah Anak Terkena Gangguan Tiroid?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 22 Jul 2017 12:54 WIB
kesehatan anak
Mungkinkah Anak Terkena Gangguan Tiroid?
Seminar edukator 'Sehatkah Tiroidmu?' (Foto: metrotvnews/yanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit tiroid adalah salah satu jenis penyakit lebih banyak menyerang wanita. Oleh karena itu, bagi wanita penderita gangguan tiroid yang tengah hamil, sebaiknya ikut memeriksakan kesehatan tiroid anak kelak.

"Risiko anak kena kanker tiroid memang tak ada, namun dari segi fungsi, bisa terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya para ibu memeriksakan diri mereka terlebih dulu," tukas dr. Farid Kurniawan, SpPD dalam konfrensi pers dan seminar edukator 'Sehatkah Tiroidmu?'.

Ia menjelaskan, ibu yang pernah mengalami gangguan tiroid kemungkinan bisa menurunkan gangguan tersebut pada anaknya. Oleh karena itu, ia menyarankan agar anak segera diperiksakan saat masih usia dini.

"Sebaiknya segera diperiksa saat anak berusia 1-2 bulan agar tidak menggangu pertumbuhan dan perkembangan anak hingga menyebabkan retardasi mental," tambahnya.

Retardasi mental adalah kondisi sebelum usia 18 tahun yang ditandai dengan rendahnya kecerdasan (biasanya nilai IQ-nya di bawah 70) dan sulit beradaptasi dengan kehidupan sehari-hari.

Jika bayi terdeteksi saat menginjak usia bawah lima tahun, maka segala jenis pengobatan yang dilakukan tak bisa membantu meningkatkan IQ anaj. Namun, masih bisa untuk membantu memperbaiki metabolisme anak.

Tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian bawah leher, atau juga dikenal dengan kelenjar gondok. Kelenjar ini berfungsi dalam proses metabolisme, dan memproduksi hormon yang memengaruhi setiap sel, jaringan dan organ tubuh.

Hormon tersebut berfungsi mendorong otak, jantung, otot dan organ lain agar bekerja sebagaimana mestinya.


(ELG)