Bermain dengan Hewan Peliharaan Bantu Hilangkan Kesedihan

Nia Deviyana    •    Kamis, 07 Sep 2017 16:38 WIB
kesehatan mental
Bermain dengan Hewan Peliharaan Bantu Hilangkan Kesedihan
(Foto: Women's Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bermain dengan hewan peliharaan menjadi alternatif lain untuk mengatasi kesedihan. Penelitian terbaru menemukan, menghabiskan setengah jam bersama kucing atau anjing membantu otak melepaskan hormon bahagia atau oksitoksin.

Masih banyak manfaat yang bisa diperoleh dari bermain dengan hewan peliharaan, berikut di antaranya seperti dilansir Women's Health.

1. Menghilangkan stres

Bermain dengan anjing selama 5 menit bisa menurunkan kadar kortisol atau hormon stres. Efeknya nyata sampai sebuah penelitian membuktikan, banyak orang merasa lebih santai saat berada bersama hewan peliharaan ketimbang bersama pasangan mereka.

2. Pereda sakit

Masih berdasarkan penelitian, menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan dapat membantu meringankan rasa sakit pascaoperasi.

3. Meningkatkan kebugaran

Pemilik anjing cenderung lebih aktif dengan sering mengajak jalan-jalan hewan peliharaan mereka. Aktivitas ini secara tidak langsung membantu Anda berolahraga sehingga Anda tetap sehat.

4. Menyehatkan jantung

Percaya atau tidak, bermain dengan hewan peliharaan dapat menurunkan tegangan pada jantung dan tekanan darah. Pecinta kucing juga dikaitkan dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang rendah.

Terapi kucing juga bisa meringankan perasaan sedih. Pemilik kucing umumnya juga jarang mengalami kesepian dibanding mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.




(DEV)