3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur

Torie Natalova    •    Sabtu, 19 Aug 2017 13:17 WIB
tidursleep apnea
3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur
3 Tanda Anda Memiliki Masalah Tidur (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sleep apnea merupakan kondisi medis yang terjadi saat pernapasan seseorang terganggu ketika tidur malam hari. Sleep apnea bisa sangat membahayakan keselamatan seseorang jika tak segera diatasi.

Sleep apnea dapat mempengaruhi pria dan wanita dari segala usia dan berat badan. Ketika Anda berhenti bernapas, meskipun hanya sebentar, tubuh Anda masuk ke mode darurat agar Anda tetap hidup.

Kelenjar adrenal Anda mengeluarkan adrenalin, lonjakan tekanan darah Anda dan detak jantung akan meningkat. Jika ini terjadi terus saat Anda tidur, ini dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit dan serangan jantung, hingga stroke.

Anda dapat mengidentifikasi gejala berikut ini untuk menunjukkan apakah Anda mengalami sleep apnea tanpa disadari.

1. Anda tidur mendengkur
Saat Anda tidur, semua otot Anda rileks termasuk jalur udara di bagian belakang tenggorokan Anda. Jika jalan itu menjadi terlalu kecil, udara sulit untuk lewat. AKibatnya Anda mungkin akan terkesiap atau tersedak saat tidur. Jalan udara bisa juga menyebabkan otot-otot mengelilinginya bergetar dan menghasilkan suara mendengkur.

Kondisi ini tentu tak bisa dideteksi sendiri. Dan perlu diingat bahwa mendengkur tidak selalu berhubungan dengan sleep apnea dan tidak semua yang mengalami sleep apnea itu mendengkur.

2. Selalu lelah
Ketika napas Anda berhenti di malam hari karena mendengkur, respons darurat tubuh Anda akan mendorong ke tahap tidur yang lebih ringan sehingga bisa memberitahu otot Anda untuk mengencangkan dan membantu Anda bernapas. Kurang tidur yang nyenyak memungkinkan Anda terbangun dengan perasaan lelah dan grogi. Anda juga mungkin mengalami iritabilitas, kelaparan yang meningkat dan sulit konsentrasi.

3. Anda selalu bangun untuk pergi ke kamar mandi
Bangun untuk pergi ke kamar mandi di waktu tidur bisa menjadi tanda Anda memiliki sleep apnea, terlebih jika Anda sering buang air kecil meskipun tidak minum banyak air sebelum tidur. Saat tubuh berusaha membantu Anda bernapas terus, itu melepaskan hormon yang dapat menyebabkan peningkatan buang air kecil. Namun, untuk memastikannya, konsultasikan dengan dokter Anda.

Apabila Anda mengalami beberapa gejala tersebut, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Apabila dokter mengindikasikan Anda mengalami sleep apnea, dia akan merekomendasikan Anda untuk tidur di bawah pengawasan medis dan memakai alat penguji di rumah untuk mengukur pola tidur Anda.


(ELG)