6 Cara Sederhana untuk Mengusir Stres

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 31 May 2017 13:33 WIB
tips & trik
6 Cara Sederhana untuk Mengusir Stres
(Foto: Bartarinha)

Metrotvnews.com Jakarta: Pernahkan Anda merasa stres hingga sakit kepala? Jika iya, tandanya Anda butuh istirahat sebentar agar merasa rileks.

Ada enam cara yang bisa Anda lakukan agar rasa penat dan stres hilang, seperti:

1. Menjauh dari penyebab stres

Apa yang menyebabkan Anda stres? tugas yang menumpuk, atau orang-orang yang menyebalkan? Menjauhlah sejenak dari penyebab stres, kemudian tarik napas agar pikiran Anda tenang.

2. Berkhayal sebentar

Berkhayal sebentar adalah pelepas stres yang baik. Meskipun tak semua orang bisa melakukannya, kegiatan ini dapat menghilangkan sakit kepala. Ketika kepala panas, cobalah tutup mata dan memikirkan hal yang yang membuat Anda senang seperti berwisata ke tempat impian.

3. Berhenti melihat ke layar

Mata adalah organ pertama yang terpengaruh ketika Anda stres. Jika Anda terus-menerus melihat ke layar, cobalah rehat sejenak. Meskipun senang menonton film, kegiatan itu bukanlah pelepas stres yang tepat.

4. Pijat

Pijatan ringan di sekitar dahi dan pelipis membantu merileksasi otot dan menyembuhkan sakit kepala. Selain itu, segelas air putih juga bisa membantu meringankan sakit. Jika tak juga membaik, sebaiknya minum obat pereda nyeri.

5. Olahraga pernapasan

Duduklah dengan nyaman sambil menutup mata. Kemudian berkonsentrasilah dan ambil napas dalam-dalam hingga udara memenuhi perut. Hempaskan napas secara perlahan. Lakukanlah hingga sepuluh kali dan Anda akan merasa rileks.

6. Olahraga merileksasi otot

Lakukan beberapa gerakan pemanasan seperti memutar sendi leher atau olahraga bahu ringan. Lakukan gerakan sebanyak 10 kali agar otot terasa rileks dan sakit kepala hilang.


(DEV)