Atasi Rambut Rontok dengan Bayam

Torie Natalova    •    Sabtu, 16 Sep 2017 17:30 WIB
rambut
Atasi Rambut Rontok dengan Bayam
Atasi Rambut Rontok dengan Bayam (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rambut rontok tak hanya dipengaruhi oleh stres. Rambut rontok pada pria maupun wanita dapat disebabkan oleh gangguan autoimun, kekurangan vitamin, kurang tidur hingga penyakit diabetes.

Rambut rontok yang dibiarkan terus menerus dapat memicu kebotakan. Ada banyak vitamin rambut yang menawarkan kemampuan untuk menyembuhkan rambut rontok. Namun, sebuah penelitian menunjukkan adanya beberapa makanan yang dipercaya dapat mengatasi rambut rontok seperti berikut ini.

1. Bayam
Sebuah studi menemukan wanita yang mengalami kerontokan rambut memiliki zat besi dan kadar vitamin D2 yang rendah. Bayam sangat baik untuk mengatasi kerontokan karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan kaya vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi.

2. Rumput laut
Penelitian terbaru menemukan bahwa suplemen yang mengandung cistanche tubulosa dan laminaria japonica (rumput laut cokelat) dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut yang rontok. Suplemen rumput laut juga efektif mengobati peradangan kulit kepala dan ketombe.

3. Ikan salmon
Rambut terdiri dari serat protein, sama seperti kuku. Maka, Anda perlu mengonsumsi banyak protein untuk menumbuhkan jaringan baru dan tetap mempertahankan rambut dan kuku yang kuat. Protein juga bisa membantu memproduksi keratin, struktur komponen terpenting dari rambut. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 dan vitamin yang tinggi.

4. Tiram
Seng merupakan nutrisi terbaik untuk mencegah dan mengobati kerontokan rambut. Menurut National Institutes of Health, tiram mengandung lebih banyak seng dibanding makanan lain. Selain tiram, sumber makanan yang mengandung seng yakni kenari, bayam, telur, biji bunga matahari, kacang hijau, gandum, oatmeal dan buncis.

5. Madu
Dalam sebuah studi pasien yang mengalami dermatitis seboroik, yang meliputi gatal, ketombe dan rambut rontok, mereka yang menerapkan madu 90 persen dan 10 persen air ke kulit kepala setiap hari dan selama 4 minggu, dilaporkan mengalami peningkatan dalam mengatasi rambut yang rontok.

 


(ELG)