Asupan Gula Tinggi Memicu Kolesterol Jahat

Nia Deviyana    •    Senin, 24 Jul 2017 18:27 WIB
kesehatan
Asupan Gula Tinggi Memicu Kolesterol Jahat
(Foto: Web MD)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa makanan seperti telur dan udang memang tinggi kolesterol. Namun, bukan berarti harus dihindari.

Selama ini, banyak orang salah kaprah. Semestinya, bukan makanan yang secara alami mengandung kolesterol yang harus dihindari, melainkan makanan yang dapat mendorong tubuh menciptakan kolesterol jahat.

Percaya atau tidak, makanan yang dimaksud adalah gula!

Gula yang dimaksud bukan sekadar zat yang sering digunakan sebagai pemanis, tetapi juga gula yang ada pada permen, nasi putih, roti, bagel, dan pasta.

Makanan-makanan tersebut dapat membuat kadar gula darah meningkat, sehingga tubuh merespons dengan melepaskan insulin. Jika insulin naik, maka tingkat LDL (kolesterol jahat) juga naik.

Beberapa pasien kolesterol tinggi saat ditanya mengaku sudah mengonsumsi makanan rendah lemak dan rendah kolesterol, tetapi tidak memperhatikan jumlah atau sumber gula yang dikonsumsi.

Namun, sebagai catatan, tidak semua gula buruk. Gula alami yang terdapat pada buah, misalnya, memiliki efek yang berbeda pada biokimiawi tubuh. Gula yang terdapat pada buah membutuhkan banyak waktu untuk dicerna sehingga membantu kadar insulin tetap stabil. (Web MD)




(DEV)