Tips Agar Kaki Tetap Sehat dalam Beraktivitas

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 15 Jul 2017 17:50 WIB
tips kesehatan
Tips Agar Kaki Tetap Sehat dalam Beraktivitas
Tips Agar Kaki Tetap Sehat dalam Beraktivitas (Foto: pixabay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesehatan kaki adalah hal yang penting, terutama bagi orang-orang yang aktif beraktivitas di luar ruangan atau alam bebas.

Berikut adalah beberapa tips agar kaki tetap sehat sehingga produktivitas tak menurun, seperti dilansir Medical Daily.

1. Hindari berkaki telanjang
Berjalan tanpa alas kaki memang menyenangkan terkadang. Namun, dengan demikian, kulit kaki akan mudah terbakar, kutil, kurap, hingga cedera kaki.

2. Hati-hati dalam pedikur
Tak sedikit wanita yang senang melakukan perawatan kecantikan satu ini. Namun, Anda perlu berhati-hati dengan peralatan yang dipakai untuk pedikur, terutama bila melakukannya di salon. Alat-alat yang tak dibersihkan dengan benar dapat menyebabkan jamur kuku, virus kutil, dan infeksi bakteri. Lebih baik membawa alat pedikur sendiri agar kebersihan alat lebih terjaga.

3. Menggunakan alas kaki yang benar
Sandal jepit adalah alas kaki favorit sebagian besar orang. Namun, hindari pemakaian terlalu sering karena tidak dapat melindungi kaki dengan maksimal. Lebih baik mengenakan alas kaki yang lebih tertutup untuk beberapa aktivitas alam seperti masuk ke dalam kolam, danau, laut, atau daerah yang berhubungan dengan air.

"Sepatu memberikan proteksi dari benda-benda yang tak terlihat dan tajam seperti tutu botol, kaca, karang, bahkan serpihan papan yang bisa menyebabkan kaki sakit bila terkena," ujar James Ioli dari American Podiatric Medical Association (APMA).

4. Minum air cukup
Air membantu memperbaiki corak kulit dan membuang racun. Tetap terhidrasi sepanjang hari mampu mengurangi pembengkakan kaki yang disebabkan oleh cuaca panas.

5. Segera cari bantuan medis bila terluka
Meskipun hanya luka kecil, Anda tetap perlu memberikan pengobatan terbaik. Bila kaki terluka saat berlibur, lebih baik menghubungi tenaga medis terdekat untuk menghindari efek panjang dari luka.




 


(ELG)