Pentingnya Aturan Tidur pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 26 May 2017 13:18 WIB
perkembangan anak
Pentingnya Aturan Tidur pada Anak
Kurang tidur pada anak dapat menyebabkan konsentrasi berkurang, nilai akademis memburuk, absen sekolah, dan interaksi sosial yang buruk. (Foto: Pinterest/Frugal Fanatic)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi para orangtua, sebaiknya buatlah aturan tidur pada anak sejak dini. Sebuah penelitian menemukan bahwa, kebiasaan tidur yang dibentuk sejak kecil dapat membantu si kecil cukup tidur sehingga kesehatan secara umum lebih terjaga. 

Kurang tidur pada anak dapat menyebabkan konsentrasi berkurang, nilai akademis memburuk, absen sekolah, interaksi sosial yang buruk, cepat marah dan rewel, depresi, serta meningkatnya perilaku pengambilan risiko. 



(Baca juga: Waktu Tidur Terbaik untuk Anak)

"Tidur adalah indikasi penting dalam kesehatan dan komponen integral pada kehidupan anak-anak yang terintegrasi dengan perilaku lain seperti aktivitas fisik," tukas Heather Manson, kepala Publik Health Ontario di Kanada. 

Para peneliti menemukan bahwa aturan tidur pada anak meningkat pada usia 5-9 tahun namun semakin menurun pada usia 10-17 tahun. 

Studi tersebut menemukan bahwa anak pada usia 15 tahun mengalami perbedaan jam tidur pada hari biasa dan akhir pekan dimana 38,3 persen dari mereka tidak mengikuti aturan tidur pada akhir pekan. 

"Orangtua yang menegaskan aturan tidur pada hari biasa bisa membantu anak mereka mendapatkan kualitas tidur cukup," tambah Manson. 

Studi tersebut mengumpulkan laporan pribadi dari 1.600 orangtua yang setidaknya memiliki satu anak berusia di bawah 18 tahun. 

Hasilnya, sekitar 94 persen orang tua mengaku memaksa anak untuk tidur pada jam tertentu dan lebih dari 84 persen memberlakukan aturan tidur. Sebanyak 59 persen dari orangtua yang memiliki aturan tidur mengaku memberlakukannya pada hari biasa. 









(TIN)