Tips Berolahraga di Cuaca Panas

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 29 Jul 2017 18:26 WIB
tips kesehatan
Tips Berolahraga di Cuaca Panas
Tips Berolahraga di Cuaca Panas (FotoL pixabay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kombinasi dari suhu panas dan kelembapan yang tinggi membuat olahraga di musim panas semakin menantang. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkannya.

Berikut adalah tiga tips yang bisa Anda lakukan saat berolahraga di cuaca yang panas.

1. Tetap terhidrasi
Ini adalah hal yang krusial saat berolahraga di cuaca yang panas. Cuaca yang panas membuat tubuh lebih banyak berkeringat sehingga risiko dehidrasi lebih besar.

"Minumlah segelas air 30 menit sebelum berolahraga untuk menjaga Anda tetap terhidrasi. Selain itu, minum sekitar secangkir cairan setiap 15-20 menit selama berlari," saran pelatih fitnes Julia Buckley pada Medical Daily.

Ia juga menyarankan untuk menghindari konsumsi minuman yang dapat memicu dehidrasi seperti kopi atau minuman kafein. Selain itu, ketika gejala dehidrasi mulai muncul, sebaiknya hentikan aktivitas fisik tersebut.

2. Berpakaian tepat
Buckley menyarankan untuk menggunkan pakaian yang sesuai dengan cuaca, yaitu dengan bahan yang sejuk dan tidak menahan keringat sehingga membuat kulit lengket. Katun adalah bahan terbaik di mana bisa menyerap air dengan baik.

Psikologis olahraga Tom Holland menyarankan untuk mengenakan pakaian berwarna cerah, menggunakan topi atau penutup, dan memakai tabir surya.

3. Memilih olahraga yang tepat
Jika bisa, pilihlah olahraga yang lebih aman seperti berenang atau pergi ke gym. Jika Anda memang senang berlari, cobalah hindari saat matahari tengah menyengat, seperti pagi hari atau sore hari saat suhu udara lebih adem.

"Berlarilah di daerah yang rindang atau sekitar gedung tinggi yang menutupi Anda melalui bayangan," saran Buckley.


(ELG)