Karena Penuaan Dimulai di Usia 30, Jalani 10 Tips Ini agar Tetap Bugar

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 18 Apr 2017 07:00 WIB
kalbe nutritionals
Karena Penuaan Dimulai di Usia 30, Jalani 10 Tips Ini agar Tetap Bugar
Ciri penuaan ini dapat dilihat dari perubahan kulit dan stamina (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mungkin tak banyak yang menyadari, memasuki usia 30 tahun, seseorang dikatakan mulai menua. Ciri penuaan ini dapat dilihat dari perubahan kulit dan stamina.

Lebih mudah lelah, gampang pegal linu, sering merasa tidak enak badan, imun menurun, dan mudah sakit merupakan beberapa gejala yang sering dirasakan orang umur 30-an.

Agar tubuh senantiasa bugar dan tidak menganggu aktivitas, Anda bisa mengintip 10 tips kebugaran berikut ini.

1. Perhatikan berat badan

Overweight atau kelebihan berat badan memberikan dampak yang tak baik. Ada baiknya Anda mulai memperhatikan berat ideal tubuh. Bila merasa tak nyaman dengan berat badan, mulailah mencari diet dan olahraga yang Anda sukai. Instruktur fitnes Samira Shuruk sebagaimana dilansir Sheknows,  menyarankan agar melakukan olahraga kardio.

2. Latihan kaki

Penulis buku Whole Body Barefoot sekaligus seorang biomekanik Katy Bowman menyarankan untuk melakukan latihan kaki. Apalagi bagi perempuan yang sering memakai sepatu hak tinggi, yang berpotensi merusak tumit dan lutut.

3. Perhatikan kepadatan tulang

Pelatih fitnes Alycea Ungaro mengatakan, osteoporosis tidak dapat dihindari, terutama bagi manusia yang usianya 30 tahun ke atas. "Konsumsi banyak sayuran hijau, perbanyak juga olahraga untuk menjaga tubuh tetap kuat pada masa mendatang," kata Alycea.

4. Konsumsi air putih

Biasakan minum air putih pada pagi hari setelah bangun tidur. Cukupi kebutuhan air putih delapan  gelas per hari agar tubuh tetap terhidrasi.

5. Stop makan sembarangan

Perhatikan asupan makanan. Kurangi menyantap makanan kemasan atau cepat saji. Beralihlah makan makanan sehat.

6. Tidur teratur

Mulailah dengan jadwal tidur yang teratur dan berkualitas. Matikan lampu dan hindari suara bising supaya hormon Anda juga teratur, sehingga membuat tubuh terasa berenergi saat bangun dan muncul perasaan bahagia.

7. Kenakan tabir surya

Bagi Anda khususnya kaum hawa, penggunaan tabir surya sangat penting. Sebelum bepergian, oleskan tabir surya minimal SPF 30). Ini untuk menghindari paparan sinar matahari yang dapat berdampak pada munculnya bintik hitam, penuaan, dan kanker kulit.

8. Hindari rokok dan alkohol

Kandungan nikotin pada rokok akan memperburuk kesehatan. Tinggalkan pula kebiasaan minum alkohol dengan tujuan agar cepat tidur. Justru alkohol dapat menyebabkan insomnia.

9. Flossing gigi

Gigi menjadi salah satu organ terpenting tubuh. Memasuki usia 30-an, penting bagi Anda untuk melakukan flossing gigi, sehingga plak-plak yang menyebabkan kerusakan gigi akan lenyap.

10. Konsultasi ke dokter kulit

Dokter kulit, Dr David Bank, mengatakan bahwa ketika seseorang bertambah tua, produksi minyak kulit semakin menurun sehingga kulit cenderung kering dan keriput. Selain itu, pergantian sel kulit pun melambat, sehingga Anda akan tampak lebih pucat. Ia menganjurkan Anda sesekali berkunjung ke dokter kulit untuk mencegah penuaan.

Guna membantu terpenuhinya nutrisi harian, Anda dapat mengonsumsi Entrasol. Entrasol mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, yakni Hytolive sebagai antioksidan alami, P-Bone untuk menjaga kepadatan tulang, Omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi, Hi-Fiber untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta kandungan 1o vitamin dan 5 mineral.

Entrasol pun lebih sedikit mengandung lemak sehingga Anda tidak perlu khawatir berat badan akan melonjak.


(ROS)