Begini Cara Memeriksa Kutu Kasur yang Buat Gatal Kulit Anda

Raka Lestari    •    Rabu, 27 Sep 2017 12:50 WIB
kesehatan kulit
Begini Cara Memeriksa Kutu Kasur yang Buat Gatal Kulit Anda
Jika Anda menemukan kotoran kecil berwarna coklat tua sampai hitam, tandanya ada kutu kasur di sofa atau tempat tidur Anda. Dan sebaiknya bersihkan secara berkala dua tempat tersebut. (Foto: Kari Shea/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mungkin banyak dari Anda yang masih belum mengetahui bentuk kutu kasur seperti apa. Kutu kasur memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan serangga-serangga lainnya seperti laba-laba, ataupun semut.

Kutu kasur tentunya sangat membahayakan karena bisa membuat kulit Anda menjadi gatal-gatal dan yang lebih bahayanya lagi ia bisa saja menghisap darah Anda ketika Anda tertidur.



Bentuk kutu kasur yang benar terdapat pada nomor 4.

(Baca juga: Gejala dan Pengobatan Penyakit Kulit Rosacea)

Terkadang, orang-orang sulit membedakan antara kutu kasur dan laba-laba. Menurut Hannah J.Penn, PhD, salah satu peneliti postdoktoral dari Miami University mengatakan, "laba-laba biasanya memiliki bentuk kaki yang lebih panjang dibandingkan kutu kasur. Laba-laba juga lebih mudah dikenali karena mudah ditemui dalam kehidupan sehar-hari."

Sebaiknya sebelum Anda tidur, baik di rumah maupun ketika Anda sedang bepergian jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu tempat tidur Anda.



Periksalah lapisan sprei pada kasur Anda, periksa juga bagian atas kasur Anda dan jangan lupa juga untuk mengecek kursi dan sofa di kamar atau rumah Anda untuk menghindari berkembangnya kutu kasur.

Menurut Dr. Penn ada juga cara lain untuk mengetahui apakah rumah Anda ada kutu kasur atau tidak yaitu dari kotoran mereka. "Umumnya kotoran mereka bintik-bintik bulat dengan warna coklat tua sampai hitam."

Ia juga menambahkan, "Anda juga bisa melihatnya dari kulit mati yang mungkin bisa terlihat yang berwarna kuning muda dan memiliki tekstur lembut."










(TIN)